Restoran di Kyoto Ciptakan Kembali Makanan Favorit Samurai

Rabu, 03 Juni 2020 - 15:31 WIB
loading...
Restoran di Kyoto Ciptakan Kembali Makanan Favorit Samurai
Koki restoran Hekitei meneliti dokumen bersejarah yang berkaitan dengan kehidupan samurai dan menemukan salah satu makanan favorit mereka. Salah satunya sup miso. Foto-Foto/Japan Today
A A A
KYOTO - Jepang menawarkan banyak kesempatan bagi pecinta kuliner untuk menyantap makanan nikmat seperti raja hingga samurai. Seperti halnya yang ditawarkan restoran Hekitei yang terletak di Kota Kameoka, Prefektur Kyoto.

Restoran Hekitei berada di sisi jalan setapak sepi yang membentang dengan dinding rendah dari batu mirip kastil. Hekitei dulu adalah rumah kepala keluarga samurai Heki, dan dibangun lebih dari 300 tahun lalu. Restoran ini menyajikan Busho Meshi atau Samurai Warlord Meal yang mencakup hidangan yang benar-benar dimakan oleh salah satu samurai paling terkenal di Jepang. ( )

Restoran di Kyoto Ciptakan Kembali Makanan Favorit Samurai


Kota Kameoka sendiri dulu merupakan tempat kediaman resmi Akechi Mitsuhide, seorang jenderal yang bertugas di bawah dan kemudian mengkhianati Oda Nobunaga, salah satu dari tiga unifiers besar Jepang yang membawa periode Sengoku, perang saudara Jepang selama berabad-abad.

Mengutip Japan Today, koki Hekitei disebut telah meneliti dokumen-dokumen bersejarah yang berkaitan dengan kehidupan Mitsuhide, dan menemukan salah satu makanan favorit sang jenderal beserta cara memasaknya. Makanan ini sering disiapkan oleh sang istri, Hiroko, dan disajikan kepada para samurai beserta para pengikutnya.

Hidangan itu adalah sup miso. Sup miso ini tidak seperti yang sering Anda temukan di restoran Jepang modern lantaran sup mengandung potongan babi hutan di dalamnya. Ini sesuatu yang belum pernah terjadi dalam pembuatan sup miso kontemporer. Umumnya, rasa utama pada sup miso adalah asin. Tapi, dengan adanya babi hutan yang dicampur ke dalam kaldu, sup miso Samurai Warlord memiliki rasa yang kaya. (Baca Juga: Ramen Ini Terbuat dari Jangkrik, Anda Berani Coba?)

Makanan ini juga diisi sayuran akar bertepung. Tidak hanya sup miso, restoran Hekitei juga menghidangkan makanan lain meskipun tidak memiliki hubungan sejarah dengan Mitsuhide. Untuk hidangan penutup, terdapat matcha ice cream. Makanan yang ditawarkan di restoran ini memiliki rasa yang lezat. Namun, sup miso tetap menjadi menu andalan restoran ini.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1383 seconds (0.1#10.140)