4 Makanan Penyebab Usus Buntu yang Perlu Diwaspadai

Minggu, 17 Oktober 2021 - 04:20 WIB
loading...
4 Makanan Penyebab Usus Buntu yang Perlu Diwaspadai
Ada beberapa jenis makanan yang dapat menyebabkan usus buntu. Penyakit usus buntu merupakan peradangan pada usus buntu atau apendiks karena beberapa faktor. Foto/Steemit.
A A A
JAKARTA - Ada beberapa jenis makanan yang dapat menyebabkan usus buntu . Penyakit usus buntu merupakan peradangan pada usus buntu atau apendiks. Seseorang dapat menderita penyakit usus buntu karena beberapa faktor.

Seperti halnya infeksi cacing atau parasit, usus tersumbat oleh feses, cedera di bagian perut, dan pembesaran kelenjar getah bening di dinding saluran cerna. Konsumsi jenis makanan tertentu juga dapat memicu terjadinya peradangan pada usus buntu.

Berikut makanan penyebab usus buntu dikutip dari Alodokter, Minggu (17/10/2021).


1. Buah Berbiji

Mengonsumsi buah-buahan yang mengandung biji di dalamnya seperti anggur, jeruk, dan jambu biji dapat menyebabkan penyakit usus buntu. Hal ini karena biji-bijian dari buah tersebut sulit dicerna oleh usus dan akhirnya dapat menyumbat usus buntu.

Meski demikian, bukan berarti tidak boleh mengonsumsi buah-buahan tersebut sama sekali. Anda tetap bisa mengonsumsi buah yang berbiji setelah menghilangkan bijinya terlebih dahulu.

2. Makanan Pedas

Makanan pedas seperti cabe dan paprika, kerap disebut sebagai makanan penyebab usus buntu. Hal ini karena mengonsumsi makanan pedas berlebihan dapat menyebabkan iritasi pada saluran cerna, sehingga memicu terjadinya radang usus buntu.

Pada beberapa kasus, dokter kerap menemukan biji cabe dan paprika saat proses operasi usus buntu. Hal ini menimbulkan asumsi bahwa biji cabe dan paprika sulit dicerna, sehingga menyebabkan penyumbatan serta peradangan pada usus buntu.

Namun, hal tersebut belum terbukti secara medis, karena minimnya angka kasus usus buntu akibat biji cabe maupun paprika. Meski demikian, Anda tetap disarankan untuk membatasi konsumsi makanan pedas, terutama yang mengandung cabe dan paprika serta bijinya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1189 seconds (0.1#10.140)