Mengenal Taman Nusa Bali, Miniatur Indonesia dari Sabang sampai Merauke

Senin, 18 Oktober 2021 - 06:00 WIB
Mengenal Taman Nusa Bali, Miniatur Indonesia dari Sabang sampai Merauke
Mengenal Taman Nusa Bali, Miniatur Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Foto/Instagram
A A A
JAKARTA - Berwisata tidak melulu bersenang-senang dan menghabiskan uang. Berwisata juga bisa dilakukan untuk menambah ilmu dan pengalaman, terlebih jika Anda jadi lebih bisa mengenal negeri sendiri.

Ya, jika Anda ingin berwisata sembari mempelajari budaya Indonesia, Anda bisa mencoba untuk mengunjungi Taman Nusa Bali. Mengutip akun Instagram resmi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), taman ini mendapat julukan sebagai miniatur Indonesia.

Kawasan yang dibangun seluas 10 hektar ini menyimpan replika beragam artefak kebudayaan dari Sabang sampai Merauke. Terletak di Desa Sidan, Kecamatan Gianyar, Taman Nusa Bali terdiri dari berbagai kawasan seperti Kampung Budaya, Museum Wayang, Museum Etnografi, dan lainnya.

Kampung Budaya, yang menjadi salah satu lokasi favorit pengunjung, menyimpan sekitar 60 replika rumah tradisional dari berbagai daerah di Indonesia.



Baca Juga: Wisata Bali Dibuka, Kemenparekraf Benahi Infrastruktur Pantai Kuta

Beberapa di antaranya adalah Rumah Bajawa dari Flores, Rumah Wale dari Minahasa, Rumah Honai dari Papua, serta Rumah Gadang dari Minangkabau yang sekaligus menjadi salah satu rumah tertua di Taman Nusa.

Selain itu, Anda juga bisa memutar kembali waktu di masa sebelum kemerdekaan yang dimulai dari zaman prasejarah, masa kemerdekaan, hingga Indonesia masa kini. Pastinya seru banget kan?

Tak hanya melihat dan mengamati saja, pengunjung juga bisa mempelajari kebudayaan Indonesia, misal belajar memainkan alat musik khas Indonesia, mempelajari seni pertunjukan wayang, membatik, dan masih banyak lagi.

Jadi, siapa bilang traveling hanya menghabiskan waktu dan uang? Dengan traveling, kita bisa menambah pengalaman serta memperluas wawasan lho!
(hri)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1285 seconds (10.177#12.26)