Podcast Arisan Sehat Eps. 20 Sering Dinilai Jorok, Padahal Makan Menggunakan Tangan Itu Banyak Manfaatnya Loh!

Senin, 18 Oktober 2021 - 09:00 WIB
Podcast Arisan Sehat Eps. 20 Sering Dinilai Jorok, Padahal Makan Menggunakan Tangan Itu Banyak Manfaatnya Loh!
Orang Indonesia, terkenal paling sering makan menggunakan tangan. Meski sebagaian orang merasa makan pakai tangan hal jorok, tapi punya manfaat bagi kesehatan. Foto/MNC Media.
A A A
JAKARTA - Orang Indonesia, terkenal paling sering makan menggunakan tangan. Meski sebagaian orang merasa makan pakai tangan adalah hal jorok, tapi tanpa kamu sadari, nyatanya makan menggunakan tangan ini, kabarnya juga punya manfaat bagi kesehatan, lho. Nah! Pada Podcast Arisan Sehat Eps.20 kali ini bersama cewek-cewek cantik yang pandai dalam menjaga kebugaran tubuh mereka, yaitu Soraya Larasati, Sahila Hisyam, dan Zee Zee Shahab. Mereka akan ngobrolin tentang persoalan makan pakai tangan! Yuk langsung aja dengerin hanya di Radio+ bagian dari RCTI+ .

Kamu lebih sering makan pakai tangan atau sendok? Soraya dan Sahila ternyata mengaku cenderung lebih sering makan menggunakan sendok, kecuali untuk makanan Indonesia. Sementara, Zee Zee mengaku tergantung, terkadang ia akan makan pakai tangan, terkadang akan makan pakai sendok pula. Tapi, mereka bertiga sepakat kalau makan pakai tangan atau sendok sama-sama oke, sebab semuanya tergantung dari makanan yang kita santap.

Salah satu manfaat dari makan pakai tangan itu adalah bisa melancarkan pencernaan. “Saat jari-jari tangan menyentuh makanan, nah dari jari-jari tangan ini ada yang nyambung ke sinyal otak,” ungkap Soraya. Karena menggunakan tangan sendiri yang benar-benar berasal dari tubuh kita, tanpa perantara apa pun, sehingga hal ini membuat pencernaan kita menjadi lebih lancar. Terdapat bakteri yang berasal dari tangan kita, yang baik untuk tubuh terutama pencernaan.

Baca Juga: Kolesterol Tinggi, Sakit Punggung dan Nyeri di Sisi Kiri Dada Tak Boleh Diabaikan

Salah satu manfaat lain yang bisa kita rasakan dari makan pakai tangan adalah kita bisa menjadi lebih fokus saat makan dan terhindar dari gangguan gadget! “Jadi kalau kita makan pakai sendok, karena mungkin bersih tangannya, kita jadi sibuk megang remote, atau handphone, atau bahkan laptop karena lagi kerja,” ungkap Soraya. Cara seperti ini juga bisa diterapkan saat makan dengan keluarga loh!



Yang banyak banget orang gak tau kalau manfaat dari makan pakai tangan ini juga bisa mencegah diabetes tipe 2. Kabarnya, makan menggunakan tangan itu bisa membuat kita menjadi cenderung bergerak lebih pelan. Meskipun begitu, bukan berarti makan menggunakan sendok pasti berbahaya, ya! Semuanya kembali ke kemampuan kita mengatur ritme makan.

Penasaran? Klik disini jika ingin tau kelanjutan dari Podcast Arisan Sehat Eps.20 Yuk dengerin kisah selengkapnya di Radio+ bagian dari RCTI+. Unduh aplikasi RCTI+ di Google Play Store dan Apple App Store.

Baca Juga: Imbau Masyarakat Segera Jalani Vaksinasi, Menkes Budi: Tidak Pilih-pilih Vaksin Covid-19
(dra)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2092 seconds (11.210#12.26)