Intip Indahnya Panorama Bukit Jamur Gresik di Jawa Timur

Kamis, 21 Oktober 2021 - 11:21 WIB
loading...
Intip Indahnya Panorama Bukit Jamur Gresik di Jawa Timur
Intip Indahnya Panorama Bukit Jamur Gresik di Jawa Timur. Foto/Explore Gresik
A A A
GRESIK - Selain dikenal sebagai kota industri dan religi, Gresik , Jawa Timur juga punya destinasi wisata kekinian yang Instagramable. Seperti Bukit Jamur misalnya.

Akan tetapi, bukit jamur ini bukan jamur sebenarnya, melainkan bebatuan yang terkikis sehingga menyerupai jamur.

Mengutip akun Instagram resmi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), destinasi wisata alam yang unik ini terbentuk dari fenomena alam yang disebut mushroom rock.

Yakni sebuah proses perubahan bentuk batu akibat pengikisan material kecil yang terbawa angin dan bergesekan dengan batu yang lebih besar dalam waktu lama.



Pada bagian atas, struktur batu lebih kokoh sehingga tak berubah bentuk. Sedangkan di bagian bawah lebih rapuh sehingga mudah terkikis.

Nah, hal inilah yang membuat batu terlihat seperti jamur yang lengkap dengan batang beserta payungnya. Batu jamur ini memiliki tinggi yang bervariasi. Mulai dari 2-3 meter, hingga 7 meter dengan diameter yang beragam.

Tempat wisata yang dikelilingi oleh sawah ini dibuka untuk umum hanya hari Minggu saja. Dengan alasan, Senin-Sabtu ada banyak pekerja proyek lalu-lalang di lokasi wisata.

Untuk memasuki lokasi Bukit Jamur, pengunjung akan dikenakan tiket masuk seharga Rp3 ribu untuk pengendara motor dan Rp10 ribu untuk pengendara mobil. Murah banget, kan?
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1763 seconds (0.1#10.140)