Honda Tantang Harley-Davidson dan Triumph

Rabu, 22 April 2020 - 10:44 WIB
loading...
Honda Tantang Harley-Davidson dan Triumph
Honda Rebel 500 terbaru. FOTO/ Ist
A A A
TOKYO - Pertama kali dalam sejarah, Honda Rebel mungkin akan mencapai kapasitas mesin 1.000 cc untuk bersaing dengan model Eropa dan Amerika seperti Harley-Davidson Sportster atau Triumph Bobber.

Di dunia dan bahkan di Vietnam, Honda Rebel adalah lini mobil yang sangat akrab bagi banyak pecinta mobil ketika diluncurkan pada tahun 1985 dan dijual selama beberapa dekade. Generasi terbaru dari model ini muncul pada tahun 2016, "dimodernisasi" untuk menarik minat kaum muda yang lahir di era digital - di mana sepeda motor tidak hanya menjadi alat transportasi tetapi juga modern. mewakili gaya hidup dan kepribadian.

Namun sepanjang 35 tahun sejarah keberhasilannya, berkat desain gaya Amerika, ukurannya yang ringkas dan konsumsi bahan bakar yang rendah, Rebel tidak pernah memiliki kapasitas mesin yang lebih besar dari 500cc. Ini karena motor dirancang untuk pengendara muda Namun, mesin yang lemah juga membuat Rebel tidak menarik bagi pengendara motor berpengalaman.

Oleh karena itu, Honda bermaksut akan membuat Rebel dengan mesin 1.000cc Rebel yang lebih besar sedang dikembangkan oleh Honda untuk membawa motor ini ke tingkat yang baru untuk pertama kalinya. (BACA JUGA: Motor Jawa 300 Segera Masuk Pasar Eropa)

Sebelumnya Honda datang ke EICMA 2019 di Milan, Italia dengan membawa penyegaran pada model motor gedenya. Pembaruan pada model Honda CMX 500 Rebel kali ini mengusung pemenuhan standar emisi Euro 5 yang akan diterapkan pada 2021 nanti.

Tipe mesin yang digunakan sebenarnya masih sama yakni DOHC dengan silinder ganda paralel berkapasitas 471 cc. Sistem injeksi bahan bakar juga masih menggunakan PGM-FI, dengan pendingin cairan.

Rangkaian mesin ini memiliki rasio kompresi 10,7, yang mampu menghasilkan kekuatan hingga 46 Hp dan torsi puncak pada 43,3 Nm pada putaran mesin 6.000 rpm. Tenaganya kini meningkat sekitar 2 Hp dibandingkan edisi sebelumnya.

Optimalisasi pengurangan kadar emisi dari sepeda motor ini turut didukung rancangan baru sistem pembuangan dan knalpot. Honda CMX 500 Rebel kali ini memakai sistem 2 ke 1, dengan pengaturan katalis serta resonator terpisah.
(vit)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1807 seconds (11.252#12.26)