Studi Terbaru: Tabir Surya Bisa Beracun, Setelah 2 Jam Terpapar Sinar Matahari

Jum'at, 22 Oktober 2021 - 13:36 WIB
loading...
Studi Terbaru: Tabir Surya Bisa Beracun, Setelah 2 Jam Terpapar Sinar Matahari
Studi Terbaru: Tabir Surya Bisa Beracun, Setelah 2 Jam Terpapar Sinar Matahari. Foto/Ilustrasi Tabir Surya/Pixabay
A A A
JAKARTA - Tabir surya dengan seng oksida kehilangan banyak efektivitasnya dan menjadi beracun setelah dua jam terpapar radiasi ultraviolet . Hal ini berdasarkan sebuah penelitian baru-baru ini yang dilansir dari laman Times of India, Jumat (22/10/2021).

Menurut sebuah peneltian kolaborasi yang melibatkan para ilmuwan Oregon State University. Temuan itu dipublikasikan dalam jurnal 'Photochemical and Photobiological Sciences'.

Analisis toksisitas melibatkan ikan zebra (zebrafish), yang memiliki kesamaan luar biasa dengan manusia pada tingkat molekuler, genetik, dan seluler, yang berarti banyak penelitian ikan zebra langsung relevan dengan manusia.

Tim peneliti, yang termasuk Fakultas Ilmu Pertanian Robyn Tanguay dan Lisa Truong dan rekan lulusan Claudia Santillan, berusaha menjawab pertanyaan penting tetapi sebagian besar diabaikan mengenai pasar tabir surya global yang besar, yang diprediksi oleh perusahaan data pasar Statista bernilai lebih dari USD24 miliar pada akhir dekade.



Dari penelitian tersebut, timbul pertanyaan seberapa stabil, aman, dan efektif bahan tabir surya dalam kombinasi dan bukan sebagai senyawa individu yang dipertimbangkan untuk disetujui oleh Food and Drug Administration?

Serta bagaimana dengan keamanan produk kimia apa pun yang dihasilkan dari reaksi yang ditimbulkan dengan paparan sinar matahari?

"Tabir surya adalah produk konsumen penting yang membantu mengurangi paparan sinar UV dan dengan demikian kanker kulit, tetapi kami tidak tahu apakah penggunaan beberapa formulasi tabir surya mungkin memiliki toksisitas yang tidak diinginkan karena interaksi antara beberapa bahan dan sinar UV," kata Tanguay, seorang OSU terkemuka, profesor dan pakar internasional di bidang toksikologi.

Apa yang dipikirkan publik tentang keamanan tabir surya telah menyebabkan produsen, seringkali berdasarkan data yang terbatas, menggunakan banyak beberapa bahan sambil membatasi yang lain.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2225 seconds (0.1#10.140)