4 Tips Meracik Teh agar Semakin Nikmat

Sabtu, 23 Oktober 2021 - 06:02 WIB
loading...
4 Tips Meracik Teh agar Semakin Nikmat
Teh digemari masyarakat karena pembuatannya yang relatif mudah, beraroma sedap, hingga khasiatnya. Foto Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Teh digemari banyak masyarakat Indonesia karena pembuatannya yang relatif mudah, beraroma sedap, hingga khasiatnya dalam membantu meningkatkan fokus dan konsentrasi. Konon, kebiasaan minum teh masyarakat telah ada sejak abad ke-17.

Meskipun cara penyajiannya mudah, banyak yang belum mengetahui cara mendapatkan racikan teh yang nikmat. Untuk itu, Tong Tji Tea Indonesa, produsen teh lokal yang berdiri sejak 1938 dan kini berkembang menjadi perusahaan F&B, membagikan rahasia sukses meracik teh yang segar dan nikmat, seperti dikutip pada Sabtu (23/10/2021).



1. Kualitas dan Temperatur Air

Air merupakan elemen yang sangat penting dan paling utama dalam meracik teh. Air dengan kadar garam dan mineral yang tinggi akan memengharuhi rasa kemurnian teh yang diseduh. Selain itu temperatur air juga merupakan hal yang harus diperhatikan. Air yang digunakan untuk menyeduh teh sebaiknya berada pada temperatur di 80-90 derajat celsius.

2. Penyimpanan Teh

Untuk tetap mendapatkan kualitas teh yang baik, kita perlu memperhatikan tempat penyimpanannya. Teh sebaiknya tidak disimpan di dalam lemari pendingin atau tempat yang lembab, karena suhu dingin serta kondisi yang lembab akan membuat teh mudah berjamur.

Tidak dibenarkan juga menyimpan teh di tempat yang panas atau langsung terkena sinar matahari. Suhu yang panas akan menguapkan aroma teh dan menurunkan kadar tehnya. Hindari pula menyimpan teh dekat benda-benda yang memiliki aroma yang menyengat, karena teh memiliki sifat menyerap bau. Aroma teh akan hilang dan akan kalah dengan aroma lain.

3. Waktu Penyimpanan

Teh yang alami dan tanpa bahan pengawet memiliki waktu simpan yang tidak lama ketika sudah diseduh. Waktu simpan teh yang sudah diseduh hanya berkisar antara 6-8 jam. Setelah itu kenikmatan teh pun akan berkurang. Berkurangnya kenikmatan teh ini biasanya ditandai dengan perubahan warna teh yang menjadi lebih keruh dan aromanya yang memudar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1592 seconds (0.1#10.140)