Ini Gejala Asam Urat pada Kaki yang Perlu Diwaspadai

Sabtu, 23 Oktober 2021 - 15:25 WIB
loading...
Ini Gejala Asam Urat pada Kaki yang Perlu Diwaspadai
Salah satu bagian tubuh yang seringkali merasakan sakit akibat asam urat adalah kaki. / Foto: ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Gejala asam urat pada kaki perlu diwaspadai, jangan dibiarkan. Asam urat atau gout merupakan bentuk peradangan pada sendi-sendi.

Menurut dr. Farrel Uttu, gejala yang ditimbulkan asam urat berasal dari penumpukan kristal monosodium urat.

Ketika terlalu banyak mengonsumsi makanan mengandung purin, maka purin akan meningkat. Purin sendiri nantinya akan membentuk kristal monosodium urat. Jika sudah terlalu menumpuk, hal ini bisa menimbulkan reaksi gejala pada persendian.

Baca juga: Viral, Wanita Ini Nikahi Pria yang Dulu Dibenci: Bencinya Setahun, Kualatnya Seumur Hidup

Salah satu bagian tubuh yang seringkali merasakan sakit akibat asam urat adalah kaki. Jika kaki sudah terserang asam urat, aktivitas bisa terganggu dan tidak menutup kemungkinan akan mengalami kesulitan berjalan.

Untuk itu, kenali ciri asam urat pada kaki agar Anda bisa segera mendapatkan penangan sedini mungkin. Berikut ini merupakan beberapa gejala asat urat pada kaki yang perlu diwaspadai.

1. Nyeri di Area Sendi Kaki

Layaknya tangan, kaki juga terdapat beberapa area sendi. Dokter Farrel mengatakan, asam urat biasa terjadi pada sendi pergelangan kaki dan jari-jari.

Umumnya gejala yang paling disadari adalah nyeri pada sendi-sendi kaki. Jika asam urat yang diderita masih dalam tahapan awal yakni gout arthritis akut, nyeri dapat membaik dalam beberapa jam tanpa obat. Namun jika penderita merasakan nyeri yang berkelanjutan, lebih baik memeriksakan diri ke dokter.

Nyeri pada sendi biasanya terjadi pada malam hari atau pagi hari,
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3850 seconds (11.210#12.26)