Kolesterol Tinggi Turun dalam 30 Menit dengan Minum Teh Hijau

Sabtu, 23 Oktober 2021 - 16:24 WIB
Kolesterol Tinggi Turun dalam 30 Menit dengan Minum Teh Hijau
Teh hijau dipercaya dapat menurunkan kolesterol tinggi dalam 30 menit. Temuan ini berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam BMC Nutrition Journal. Foto/Express.
A A A
JAKARTA - Teh hijau dipercaya dapat menurunkan kolesterol tinggi dalam 30 menit. Temuan ini berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam BMC Nutrition Journal yang meneliti efek konsumsi teh hijau pada lipid darah.

Secara umum, asupan teh hijau signifikan menurunkan kadar kolesterol total dan kolesterol jahat atau LDL. Minum teh hijau tidak mempengaruhi kolesterol baik atau HDL. Namun, minuman ini terbukti mengurangi trigliserida.

Dilansir dari Express, Sabtu (23/10/2021) studi menyimpulkan bahwa minum teh hijau menurunkan kolesterol LDL tetapi tidak menurunkan kolesterol HDL.

Teh hijau mengandung katekin dan senyawa antioksidan lainnya yang membantu menurunkan LDL dan kolesterol total. Dalam studi lain, ilmuwan memberi tikus air minum dengan katekin dan epigallocatechin gallate, antioksidan bermanfaat lainnya dalam teh hijau.

Baca Juga: Gejala Kolesterol Tinggi, Sensasi Tidak Biasa di Lengan, Dada dan Nafas

Ditemukan bahwa setelah 56 hari, para ilmuwan memperhatikan kolesterol jahat berkurang sekitar 14,4 persen dan 30,4 persen pada dua kelompok tikus yang menjalani diet tinggi kolesterol.

Fakultas Kedokteran di Universitas Hong Kong juga menyelidiki hubungan antara teh hijau dan kesehatan. Mereka menyatakan bahwa teh hijau meningkatkan kapasitas antioksidan darah, yang melindungi kolesterol LDL dari oksidasi.



Kolesterol teroksidasi mungkin disalah artikan sebagai bakteri oleh sistem kekebalan tubuh. Ketika ini terjadi, sistem kekebalan mencoba melawan dengan peradangan di dalam dinding arteri. Ini adalah faktor yang berkontribusi terhadap aterosklerosis dan penyakit jantung.

Selain minum teh hijau untuk membantu menurunkan kolesterol, ada diet yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Diet Mediterania salah satunya.

Baca Juga: Kolesterol Tinggi, 3 Gejala di Kaki yang Tandai Masalah Serius
(dra)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2381 seconds (11.252#12.26)