Hasil Studi: Konsumsi Teh dan Kopi Setiap Hari Bikin Panjang Umur

Minggu, 24 Oktober 2021 - 09:02 WIB
loading...
Hasil Studi: Konsumsi...
Hasil studi menunjukkan bahwa mengonsumsi teh dan kopi setiap hari juga bisa membantu panjang umur. Foto/Ilustrasi/Every NG
A A A
JAKARTA - Teh dan kopi dikenal sebagai minuman yang baik untuk kesehatan. Tak hanya itu, hasil studi menunjukkan bahwa rupanya mengonsumsi teh dan kopi setiap hari juga bisa membantu panjang umur.

Studi itu diterbitkan dalam jurnal BMJ Open Diabetes Research & Care. Sebuah tim peneliti dari Jepang menganalisis efek konsumsi teh hijau dan kopi di antara hampir 5.000 orang dewasa penderita diabetes .

Mereka mengamati risiko kematian dini yang paling rendah di antara peserta yang minum empat cangkir teh dan dua cangkir kopi setiap hari. Manfaat minum teh dan kopi setiap hari dalam jumlah sedang sudah terkenal. Minuman tersebut telah terbukti mengatur berat badan, mengoptimalkan metabolisme, dan meningkatkan kesehatan otak.

Dilansir dari Express, Sabtu (23/10/2021) namun studi baru ini adalah salah satu yang pertama melihat efek kesehatan pada penderita diabetes yang mengonsumsi kedua minuman tersebut setiap hari. Sebagai bagian dari penelitian yang berlangsung selama lima tahun, para peneliti memberikan kuesioner kepada peserta yang telah terdaftar di The Fukuoka Diabetes Registry.

Baca Juga: Kolesterol Tinggi Turun dalam 30 Menit dengan Minum Teh Hijau

Pertanyaan tersebut melibatkan topik diet dan gaya hidup, termasuk seberapa banyak peserta berolahraga, apakah mereka merokok, berapa banyak mereka tidur, dan berapa banyak teh hijau dan kopi yang mereka konsumsi setiap hari. Pada akhir penelitian, 309 partisipan telah meninggal.

Studi tersebut menyimpulkan bahwa mereka yang minum satu cangkir teh hijau setiap hari memiliki peluang kematian dini 15% lebih rendah, dan mereka yang minum dua hingga tiga cangkir memiliki peluang 27% lebih rendah. Minum empat cangkir memiliki peluang 40% lebih rendah untuk kematian dini.

Ketika berbicara tentang kopi, minum satu cangkir per hari diamati memiliki kemungkinan kematian 19% lebih rendah, dan mereka yang minum dua cangkir kopi per hari dikaitkan dengan kemungkinan kematian dini 41% lebih rendah. Orang-orang dengan kemungkinan kematian dini terendah adalah mereka yang memberi peringkat empat cangkir teh hijau dan dua cangkir kopi setiap hari.

"Kami menemukan bahwa konsumsi teh hijau dan kopi yang lebih tinggi secara signifikan dikaitkan dengan penurunan semua penyebab kematian pada pasien dengan diabetes tipe 2," kata peneliti.

Baca Juga: Buka Banyak Lapangan Kerja, Sandiaga: Kopi Aceh Ikut Bangkitkan Ekonomi

Peneliti mencatat bahwa temuan tersebut menjelaskan faktor gaya hidup lainnya, termasuk diet, olahraga, dan pilihan gaya hidup lainnya. Ahli gizi British Heart Foundation (BHF) Victoria Taylor menjelaskan minum empat atau lima cangkir teh atau kopi sehari seharusnya baik-baik saja bagi kebanyakan orang, terutama dalam hal kesehatan jantung.

"Penelitian menunjukkan bahwa tingkat asupan kafein tidak boleh merusak kesehatan jantung Anda, mempengaruhi kadar kolesterol atau ritme jantung Anda," jelas Taylor.

(agn)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Lanjut Baca Berita Terkait Lainnya
Berita Terkait
Harga Bahan Baku Naik,...
Harga Bahan Baku Naik, CW Coffee Justru Luncurkan 4 Menu Baru Seri Tunjangan Produktif
Anji Ungkap Punya Private...
Anji Ungkap Punya Private Barista, Racikan Kopi Cold Brew Blueberry Jadi Sorotan
Indonesia Coffee Expo...
Indonesia Coffee Expo 2026 Start di Surabaya, Hadirkan Surga Baru Pecinta Kopi
Cara Membuat Kopi Susu...
Cara Membuat Kopi Susu Biskuit ala Mikael Jasin, Creamy dengan Susu Mete
Kopi Spesial Terjangkau...
Kopi Spesial Terjangkau Jadi Pilihan Baru untuk Penikmat Kopi Harian
5 Manfaat Kopi yang...
5 Manfaat Kopi yang Jarang Diketahui, Bikin Panjang Umur hingga Cegah Penyakit Kronis
Dari Bangkok ke Shanghai,...
Dari Bangkok ke Shanghai, KAPPI Ingatkan Dunia: Di Setiap Sudut Indonesia, Kopinya Berbeda Cerita
Surabaya Jadi Kota Pertama...
Surabaya Jadi Kota Pertama Indonesia Coffee Expo 2026, Hadirkan Pengalaman Interaktif bagi Pengunjung
Ada Ketelitian dan Konsistensi...
Ada Ketelitian dan Konsistensi di Balik Rasa Teh Berkualitas
Rekomendasi
Timnas Indonesia Tundukkan...
Timnas Indonesia Tundukkan Mozambik Lewat Gol Tunggal Ole Romeny
PTUN Serang Tutup Gugatan...
PTUN Serang Tutup Gugatan Yayasan Syarif Hidayatullah, Pengacara: Kepemilikan UIN Jakarta Kian Tegas
Geledah Kantor Wika,...
Geledah Kantor Wika, Kortas Tipikor Polri Sita Dokumen hingga Barbuk Elektronik
Berita Terkini
Tembus 40 Juta Views,...
Tembus 40 Juta Views, Adu Mekanik Sound Jadi Konten Paling Berkesan bagi Yongshun
Berkali-kali Muncul...
Berkali-kali Muncul Korban Tenggelam, Warga Mulai Curiga Ada yang Tak Beres di Tempat Ini
Confeti Love hingga...
Confeti Love hingga Moonlit Blush, Ini Makna di Balik Pendant Koleksi Baru Nagita Slavina x ISAGO
Cover Musik Jadi Cara...
Cover Musik Jadi Cara Generasi Digital Menunjukkan Kreativitas
Siap Uji Nyali? Ini...
Siap Uji Nyali? Ini Deretan Rekomendasi Microdrama Horor di V+Short
Dari Suara Tawa hingga...
Dari Suara Tawa hingga Sosok di Atas Pohon, Ini Pengalaman Paling membekas bagi Angga ABK!
Infografis
Olahraga untuk Usia...
Olahraga untuk Usia 40 Tahun ke Atas yang Bikin Panjang Umur
Copyright ©2026 SINDOnews.com All Rights Reserved