Si Kecil Terserang Flu? Lakukan Hal Ini untuk Mencegahnya ya Moms!

Senin, 25 Oktober 2021 - 08:00 WIB
loading...
Si Kecil Terserang Flu? Lakukan Hal Ini untuk Mencegahnya ya Moms!
Foto: Doc. PureKids
A A A
JAKARTA - Memasuki musim penghujan, tentunya membuat Moms khawatir pada kesehatan si kecil. Sebab, pada masa sekarang ini, sangat rentan bagi si kecil terserang flu. Bahkan, tidak jarang kurangnya pemahaman tentang sebenarnya apa yang harus dilakukan Moms dapat menambah kepanikan sehingga solusi paling cepat adalah membawa si kecil ke dokter saat itu juga.

Namun, sebetulnya Moms tak perlu khawatir berlebih. Karena penyebaran virus dan bakteri penyebab flu ini tergolong mudah. Ada beberapa hal yang bisa Moms lakukan guna mencegah si kecil terkena penyakit ini. Yuk, simak cara berikut ini.

• Rajin Mencuci Tangan

Moms, membiasakan si kecil rajin mencuci tangan merupakan salah satu cara melindungi buah hati supaya tidak mudah terserang virus dan bakteri penyebab flu. Maka dari itu, terapkan kebiasaan mencuci tangan setiap hari sebelum atau sesudah si kecil beraktivitas.

Namun perlu diketahui juga ya Moms, mencuci tangan yang baik dan bersih yakni mencuci tangan menggunakan sabun dan air yang mengalir. Jangan lupa juga untuk menggosok tangan dengan sabun selama 30 detik lalu bilas. Setelah itu, keringkan dengan cara mengelapnya menggunakan handuk bersih.

• Konsumsi Makanan Bergizi

Cara kedua supaya si kecil tetap terlindungi adalah dengan memperhatikan asupan makanan si kecil. Jika si kecil masih menyusu, Moms wajib memberikan air susu Ibu (ASI) secara rutin guna meningkatkan kekebalan tubuh. Namun jika si kecil sudah mengonsumsi makanan padat, Moms juga harus memberikan makanan dengan gizi seimbang, sebab makanan bergizi bisa membantu pembentukan sistem imun si kecil sehingga bisa melindungi si kecil dari berbagai virus penyebab flu dan batuk.

• Hindari Tempat Ramai

Di masa pandemi Covid-19 dan musim pancaroba seperti sekarang ini, usahakan untuk tidak membawa si kecil ke tempat ramai seperti mall atau pasar ya Moms. Sebab, berada di lingkungan ramai seperti itu bisa membawa pengaruh buruk terhadap kesehatan si kecil sehingga membuatnya rentan terserang virus.

• Jangan Lupa Berikan Vaksin
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2339 seconds (0.1#10.140)