5 Cara Alami untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Senin, 25 Oktober 2021 - 20:45 WIB
loading...
5 Cara Alami untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Tekanan darah tinggi bisa diturunkan dengan menggunakan cara alami. Tekanan darah tinggi atau hipertensi kondisi berbahaya yang mempengaruhi jutaan orang. Foto/Times of India.
A A A
JAKARTA - Tekanan darah tinggi bisa diturunkan dengan menggunakan cara alami. Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah kondisi berbahaya yang mempengaruhi jutaan orang di seluruh dunia.

Ini adalah keadaan di mana tekanan darah terhadap dinding arteri naik ke tingkat yang berbahaya, yang dari waktu ke waktu dapat merusak jantung dan memberi jalan bagi masalah jantung seperti stroke dan serangan jantung .

Begitu terdeteksi, kondisi ini tidak boleh dibiarkan karena bisa berakibat fatal. Untungnya, ada banyak cara untuk mengontrol tingkat tekanan darah . Obat hanyalah salah satu cara, dan lainnya adalah solusi alami yang dapat membantu mengendalikan tekanan dalam jangka panjang.

Berikut adalah cara alami menurunkan tekanan darah tinggi seperti dilansir dari Times of India, Senin (25/10/2021).


1. Kurangi Asupan Natrium

Beberapa penelitian telah menghubungkan tekanan darah tinggi dengan asupan natrium berlebih. Natrium juga bisa menjadi penyebab stroke. Bahkan pengurangan kecil dalam jumlah asupan natrium harian dapat menurunkan tekanan sebesar 5 sampai 6 mm Hg dalam kasus tekanan darah tinggi.

Efek asupan natrium bervariasi dari orang ke orang. Bahkan secara umum, masyarakat harus membatasi asupan makanan olahan yang asin agar tetap sehat. Individu normal tidak boleh konsumsi lebih dari 2.300 miligram garam dalam sehari.

2. Tingkatkan Asupan Kalium

Kalium adalah nutrisi penting bagi semua orang yang menderita tekanan darah tinggi. Mineral yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah kecil ini membantu membuang kelebihan natrium dan mengurangi tekanan pada pembuluh darah.

Makanan yang diproses dan dikemas sebagian besar sarat dengan natrium dan untuk menyeimbangkannya, perlu menambahkan lebih banyak makanan kaya kalium ke dalam makanan. Seperti halnya sayuran hijau, tomat, kentang, dan ubi jalar, melon, pisang, alpukat, jeruk, aprikot, kacang-kacangan dan biji-bijian, susu, yoghurt, tuna, dan salmon.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1396 seconds (0.1#10.140)