Penasihat BPOM AS Izinkan Penggunaan Vaksin Pfizer pada Anak 5-11 Tahun

Rabu, 27 Oktober 2021 - 11:30 WIB
loading...
Penasihat BPOM AS Izinkan Penggunaan Vaksin Pfizer pada Anak 5-11 Tahun
Vaksin Covid-19 buatan Pfizer sebentar lagi bakal mendapat izin untuk digunakan oleh anak usia 5-11 tahun. Foto Ilustrasi/Dok Reuters
A A A
JAKARTA - Vaksin Covid-19 buatan Pfizer sebentar lagi bakal mendapat izin untuk digunakan oleh anak usia 5-11 tahun. Hal itu berkaitan dengan keluarnya rekomendasi dari penasihat independen Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA).

Menurut laporan NPR, penasihat FDA meminta kepada FDA untuk segera mengeluarkan izin penggunaan vaksin Pfizer untuk anak-anak usia 5 hingga 11 tahun. Panel FDA sudah mengantongi hasil riset Pfizer yang menyatakan bahwa vaksin dikatakan aman dan 90,7% efektif untuk mencegah anak-anak 5-11 tahun terinfeksi Covid-19.



Biasanya, setelah penasihat menyetujui, dalam waktu dekat FDA akan mengeluarkan keputusan. Jika FDA sudah mengesahkan, panel ahli lain yang menasihati Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) misalnya, akan membuat rekomendasi sendiri dan menawarkan pedoman pada minggu depan tentang penggunaannya di antara kelompok usia tersebut.

"Vaksin Pfizer memberikan pertahanan yang luas terhadap Covid-19 dan secara efektif menetralkan varian Delta pada anak-anak," kata Dr. William Gruber, Wakil Presiden Senior Penelitian dan Pengembangan Klinis Vaksin di Pfizer, berbicara selama sidang komite, dikutip Rabu (27/10/2021).

Dosis Pfizer untuk kelompok 5-11 tahun lebih kecil dibandingkan dosis orang dewasa. Anak-anak akan menerima dosis kedua pada 21 hari atau lebih setelah suntikan pertama diberikan.

Dokter Gruber mengatakan bahwa takaran dosis kecil dipilih untuk mencapai keseimbangan yang tepat antara memberikan kekebalan yang kuat dan membatasi efek samping. Soal efek samping yang diamati, tidak menunjukkan masalah keamanan yang berarti.

Penting untuk Memvaksinasi Anak Kecil

"Anak-anak usia 5-11 tahun telah menyumbang sekitar 9% dari kasus Covid-19 yang dilaporkan di AS secara keseluruhan, dan saat ini menyumbang sekitar 40% dari semua kasus Covid-19 pediatrik," kata Dr. Doran Fink, Wakil Direktur Klinis dari Divisi Vaksin dan Produk Terkait untuk FDA.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2648 seconds (0.1#10.140)