5 Tips Merencanakan Liburan Di Era Kenormalan Baru

Kamis, 04 Juni 2020 - 12:10 WIB
loading...
5 Tips Merencanakan Liburan Di Era Kenormalan Baru
Siap-siap merencanakan liburan di era kenormalan baru. foto istimewa
A A A
ERA kenormalan baru akan segera kita jalani. Melalui protokol New Normal, masyarakat harus bisa berdamai dan hidup berdampingan dengan Virus Corona, mau tidak mau, atau suka tidak suka. Pariwisata Indonesia juga akan segera dibuka.

Nah, Anda yang sudah siap-siap merencanakan perjalanan liburan dalam tatanan kehidupan baru ini, ada beberapa tips yang mungkin sangat berguna dan bisa menjadi pedoman Anda untuk berlibur wisata nanti. Dikutip dari phinemo, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan:

1. Jadikan Sebagai Terapi Pikiran

Terdapat dua krisis biologis yang terjadi selama pandemi Covid-19 sekarang, yaitu merebaknya Virus Corona dan psikologi. Krisis psikologi termasuk di dalamnya kecemasan, ketidakpastian ekonomi, hingga isolasi sosial. Dengan merencanakan liburan akan bisa mengalihkan dari masalah pandemi karena membuat Anda memiliki sesuatu untuk dinantikan.(Baca juga : Staycation di Tiga Water Villa Cantik di Jakarta ini, Tak Kalah Seperti di Maldives )

Ketika mulai menyusung rencana, perlu diingat bahwa Anda tidak bisa bepergian saat ini. Selain itu, meskipun kegiatan pariwisata telah dibuka nantinya, bukan berarti sudah aman untuk melakukan perjalanan. Pelarian untuk bisa melihat, bermimpi, dan memikirkan apa yang ingin dilakukan adalah yang paling ideal untuk menjaga kesehatan psikologi.

2. Mencari Ide di Website Travel

Cari referensi ide liburan melalui internet, di beberapa website travel popular seperti Kayak, Hopper, dan Skyscanner yang akan menunjukkan penerbangan termurah di daerah Anda. Untuk mendapatkan informasi terkait penerbangan murah di destinasi-destinasi internasional, Anda dapat mendaftar di Scott’s Cheap Flights. By The Way dari The Washington Post juga dapat menjadi rujukan untuk melihat ulasan seputar destinasi.

3. Pertimbangkan yang Diinginkan

Anda harus mempertimbangkan apa yang diinginkan dari perjalanan selanjutnya saat mulai merencanakannya. Evaluasi dari pengalaman paling berarti, berkesan, atau mengecewakan. Pandemi Covid-19 adalah masa jeda untuk industri perjalanan dan wisatawan untuk melakukan pengaturan ulang. Saat perjalanan liburan mulai dibuka kembali, pergilah ke tempat yang benar-benar baru. Sebelum masa itu tiba, baca dan tonton semua hal tentang destinasi tersebut.

4. Gali Informasi Terkait Destinasi Tujuan

Melakukan riset untuk menggali informasi seputar destinasi tujuan dapat membuat Anda menikmati pengalaman saat merencanakan perjalanan. Selain membaca buku dan menonton film terkait destinasi tujuan, sangat direkomendasikan untuk turut mengetahui kebudayaan dan sejarahnya. Ikuti akun media sosial tokoh-tokoh lokal di sana, mulai dari chef, seniman, atau wartawan untuk mendapatkan informasi menarik lain tak tertulis. (Baca juga : Wisata Sehat Ke Pulau Giliyang, Surga Tersembunyi di Sumenep Madura )

5. Rapihkan Riset

Setelah memiliki daftar tempat-tempat yang ingin dikunjungi, sebaiknya menyimpannya dalam Google Maps. Beri tempat-tempat tersebut bintang dan buat daftar berdasarkan lokasi spesifik agar terlhat lebih rapih. Saat mendekati jadwal keberangkatan, unduh peta digital Google Map agar bisa diakses tanpa jaringaninternet. Alternatif lain, dapat menggunakan boards di Pinterest, Google Doc, atau peta di TripScout.
(wid)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1711 seconds (0.1#10.140)