8 Cara Terhindar dari Penyakit Ginjal seperti Diidap Oddie Agam

Rabu, 27 Oktober 2021 - 13:51 WIB
8 Cara Terhindar dari Penyakit Ginjal seperti Diidap Oddie Agam
Terdapat setidaknya delapan cara agar kita terhindar dari penyakit ginjal, gangguan kesehatan yang menyebabkan Oddie Agam meninggal dunia. Foto Ilustrasi/Life Line Screening
A A A
JAKARTA - Oddie Agam meninggal dunia setelah berjuang melawan penyakit ginjal yang dideritanya. Pelantun lagu Tanda-Tanda itu mengembuskan napas terakhir di RSUP Persahabatan, Jakarta, pada Rabu (27/10/2021).

Pria berusia 68 tahun itu memang diketahui memiliki riwayat penyakit ginjal dan sempat dirawat di UGD.

Baca Juga: Oddie Agam Meninggal Dunia Usai Alami Masalah Ginjal

Penyakit ginjal sendiri adalah salah satu penyakit yang dialami oleh banyak masyarakat di dunia. Selain itu, penyakit ginjal merupakan salah satu penyakit tidak menular yang menelan biaya termahal di dunia setelah jantung, kanker, dan stroke. Pasalnya, seseorang yang mengalami penyakit ginjal harus melakukan pengobatan hemodialisa atau biasa dikenal dengan cuci darah.



Ketua Umum PB PERNEFRI dr. Aida Lydia, PhD, Sp. PD-KGH menjelaskan bahwa seseorang yang berisiko mengalami penyakit ginjal, umumnya terjadi pada rentang usia 45-64 tahun. Sayang, tidak banyak orang yang tahu bahwa penyakit ini sebenarnya bisa dicegah dengan menerapkan pola makan dan hidup yang sehat.

Menurut dr. Aida, ada sekitar delapan cara yang bisa dilakukan masyarakat untuk menjaga kesehatan ginjal sejak dini, yaitu:

1. Menjaga kesehatan dan melakukan aktivitas fisik yang cukup.

2. Melakukan kontrol gula darah secara teratur. Pasalnya 28 persen penyebab gagal ginjal berasal dari diabetes.

3. Lakukan monitor tekanan darah. Sebab, 36 persen penyebab gagal ginjal berasal dari hipertensi.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1606 seconds (10.101#12.26)