alexametrics

New Normal, Ini 10 Destinasi Wisata Hits di Yogyakarta

loading...
New Normal, Ini 10 Destinasi Wisata Hits di Yogyakarta
Pemandangan menakjubkan di puncak Kebun Buah Mangunan Yogyakarta. Foto/visitingjogja/wisatayogya/instagram/istimewa
A+ A-
YOGYAKARTA - Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menjadi wilayah yang paling ingin dikunjungi masyarakat Indonesia setelah pandemi virus corona (COVID-19) berlalu. Maklum, DIY memang memiliki destinasi wisata yang lengkap, tak hanya budaya, tapi juga adventure, kuliner, dan wisata kekinian yang instagramable.

Selain itu, Yogyakarta juga dikenal sebagai destinasi wisata yang paling ramah di kantong, terutama untuk kalangan backpacker (wisatawan minim bujet). Berbagai destinasi menarik dengan wajah-wajah baru selalu dihadirkan di kota yang mendapat julukan kota Gudeg ini. Tidak heran hampir setiap akhir pekan atau menjelang liburan, kota Yogya selalu dipadati oleh para traveler, mulai dari anak-anak, remaja sampai orang dewasa.

Nah, yang ingin dibahas di sini adalah destinasi wisata di Yogyakarta yang tengah hits dan kekinian. Destinasi ini, mungkin bisa menjadi rekomendasi Anda yang sudah merencanakan liburan di era new normal nanti ke Yogyakarta.(Baca juga: Tujuh Destinasi Wisata Domestik Yang Paling Diinginkan Usai Pandemi Berlalu)

1.Pantai Pok Tunggal
New Normal, Ini 10 Destinasi Wisata Hits di Yogyakarta

Pantai ini menjadi hits banget, karena adanya Pohon Duras satu-satunya di kawasan pantai tersebut. Selain tentu saja pemandangan yang indah dan sangat instagenik bagi Anda yang suka berswafoto. Menuju Pantai Pok Tunggal, diperlukan waktu sekitar 32 menit perjalanan dari Pantai Nglambor ke arah barat laut, atau tepatnya di Desa Tepus, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul.



Nah, ini pemandangan uniknya yakni Anda bisa menjumpai satu-satunya pantai berpohon Duras di Yogya. Konon nama “Pok Tunggal” sendiri diambil dari sebuah nama pohon yang hidup di pinggir pantai dan hanya terdapat 1 buah saja, yaitu Pohon Duras. Masyarakat sekitar sangat berhati-hati dan menjaga Pohon Duras tersebut bahkan sampai melarang setiap pengunjung untuk tidak melakukan perusakan terhadap pohon tersebut.

Biaya masuknya memang sedikit lebih mahal, namun di pantai ini, berbagai fasilitas berbayar tersedia seperti payung pantai, tenda dome, area camping dan sebagainya. Walaupun terbilang cukup mahal daripada pantai-pantai yang lain, namun keindahan Pantai Pok Tunggal tetap tidak dapat digantikan dengan apapun.



Abadikan momen-momen indahmu bersama keluarga, kerabat maupun sahabat di sini. Pantai ini akan terlihat lebih indah pada saat menjelang matahari terbenam (sunset).

2. Desa Wisata Kalibiru
New Normal, Ini 10 Destinasi Wisata Hits di Yogyakarta

Tempat wisata yang sangat instagrammable ini berlokasi di Bukit Menoreh, Kulonprogo, sebelah barat kota Yogyakarta. Dari puncaknya, Anda dapat melihat pemandangan perbukitan Bukit Menoreh sambil melihat Waduk Sermo yang terbentang luas.

Berbagai momen-momen indah tersedia di Desa Wisata Kalibiru ini, mulai dari pagi hingga senja. Jangan lupa untuk membawa kamera ya. Karena banyak spot cantik dan indah yang sayang kalau tidak diabadikan. Pokoknya sangat instagenik, dan dijamin foto-foto yang Anda jepretkan hasilnya menakjubkan.

Untuk menuju ke lokasi, Anda harus menuju ke Kota Wates terlebih dahulu, kemudian mengikuti petunjuk jalan menuju ke Waduk Sermo. Setelah itu, Anda dapat mengikuti petunjuk ke Desa Wisata Kalibiru.

3. Pantai Nglambor
New Normal, Ini 10 Destinasi Wisata Hits di Yogyakarta

Pantai Nglambor ini berlokasi di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunungkidul. Jaraknya sekitar 72 kilometer atau 2 jam perjalanan dari kota Yogya. Kenapa pantai ini jadi hits? Ternyata pantai Nglambor populer dengan istilah pantai yang terdapat ‘Dua Kura-kura Raksasa’-nya.

Di depan Pantai Nglambor ini terdapat dua pulau karang yang bentuknya menyerupai dua kura-kura raksasa. Selain unik dan indah, pulau karang ini juga berfungsi sebagai penahan ombak sehingga para pengunjung dapat berenang dan snorkeling di tepi pantai yang dangkal ini. Terumbu karang, ikan kecil warna-warni serta aneka biota laut pun tetap cantik terlihat dengan air lautnya yang cukup jernih.

Tertarik untuk berkunjung ke sini? Ombak di Pantai Nglambor terbilang cukup tinggi dan besar, pastikan Anda dan orang-orang yang diajak tetap bermain di pantai yang berair dangkal ya. Demi keselamatan dan kenyamanan Anda berwisata di sana.

4.Puncak Kosakora
New Normal, Ini 10 Destinasi Wisata Hits di Yogyakarta

Menikmati indahnya laut selatan Pulau Jawa sambil berfoto ria sudah menjadi hal yang wajib dilakukan jika berkunjung ke Puncak Kosakora, bagian tenggara kota Yogyakarta. Bukit atau puncak yang memiliki ketinggian sekitar 50mdpl ini berlokasi di sebelah timur dari Pantai Drini.

Puncak Kosakora tergolong destinasi yang sulit untuk dikunjungi, apalagi saat pantai sedang dalam keadaan pasang air laut. Pengunjung pun harus berjalan melewati jalan setapak yang licin dan penuh dengan semak-semak. Karena itu jangan lupa menggunakan sepatu yang aman dan anti selip.

Tantangan Anda menuju ke sana akan terbayar dengan panorama dan pemandangan alam yang menakjubkan. Dari puncak, Anda juga bisa melihat keindahan destinasi lain seperti Pantai Drini, Pantai Baron, Pantai Kukup, Pantai Sundak dan lainnya.

Lokasi Puncak Kosakora ada di Banjarejo, Tanjungsari, Ngestirejo, Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul.

5. Kebun Buah Mangunan
New Normal, Ini 10 Destinasi Wisata Hits di Yogyakarta

Jika Anda berwisata bersama keluarga, objek wisata di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Bantul ini bisa menjadi salah satu destinasi yang tepat. Selain untuk bersantai-santai atau melepaskan diri dari hiruk pikuk perkotaan, Anda dan keluarga bisa menikmati buah segar.
halaman ke-1 dari 2
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak