Biar Tenang saat Wisata ke Bali, Simak Informasi Seputar CHSE Yuk!

Kamis, 28 Oktober 2021 - 10:38 WIB
Biar Tenang saat Wisata ke Bali, Simak Informasi Seputar CHSE Yuk!
Biar Tenang saat Wisata ke Bali, Simak Informasi Seputar CHSE Yuk!. Foto/Ilustrasi/Dok. Kemenparekraf
A A A
JAKARTA - Pulau Dewata dengan sejuta eksotismenya tak pernah gagal menjadi magnet bagi turis lokal hingga mancanegara. Untuk mendukungnya, pemerintah pusat bekerja sama dengan pemerintah daerah berupaya menerapkan protokol CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environment Sustainability).

CHSE merupakan proses sertifikasi kepada usaha pariwisata, destinasi wisata, dan produk pariwisata lainnya untuk memberikan jaminan kepada wisatawan terkait aspek kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan kelestarian lingkungan.

Adanya sertifikasi CHSE merupakan komitmen bersama untuk mencegah penularan COVID-19 dan mewujudkan pariwisata serta ekonomi kreatif yang aman dan nyaman bagi wisawatan, maupun masyarakat setempat.

Mengutip akun Instagram resmi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), sebanyak 60 persen usaha pariwisata di Bali telah tersertifikasi CHSE.



Baca Juga: Pariwisata Segera Dibuka, Sandiaga Uno Ingatkan Pentingnya CHSE dan Protokol Kesehatan

Artinya, produk dan pelayanan yang diberikan oleh mereka sudah memenuhi protokol pencegahan COVID-19 dengan target 1.200 pelaku usaha tersertifikasi per September 2021.

Selain pelayanannya yang disesuaikan dengan prosedur kesehatan (prokes) yang ketat dan disiplin melalui pedoman CHSE, Presiden Joko Widodo juga menyatakan bahwa Bali memiliki tingkat vaksinasi tertinggi di Indonesia.

Di Bali, 98 persen warganya telah menerima vaksinasi dosis pertama. Sedangkan 80 persen diantaranya sudah menerima vaksinasi dosis kedua. Hal ini berdasarkan data per 8 Oktober 2021.

Juga, Bali telah menyediakan 35 hotel yang ditetapkan sebagai hotel karantina. Hotel tersebar di Nusa Dua, Ubud, dan Sanur ini hanya untuk wisatawan mancanegara (wisman) dan tidak boleh dicampur dengan warga lokal.

Melihat persiapan matang yang dilakukan Bali, tentunya wisatawan tidak akan khawatir akan penularan virus corona. Namun, sebagai wisatawan, jangan lupa bahwa kita harus selalu menerapkan prokes dengan ketat ya! Supaya bisa menikmati liburan dengan tubuh yang sehat.
(hri)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2432 seconds (11.210#12.26)