Cegah Kanker Prostat sejak Dini dengan 5 Cara Ini

Selasa, 02 November 2021 - 15:19 WIB
loading...
Cegah Kanker Prostat sejak Dini dengan 5 Cara Ini
Kanker prostat tidak menimbulkan gejala pada tahap awal. Guna menghindarinya, ada beberapa cara yang harus diterapkan sedini mungkin. Foto Ilustrasi/The Economic Times
A A A
JAKARTA - Presiden RI keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tengah diterpa masalah kesehatan serius. Melalui Staf Pribadi SBY, Ossy Dermawan, Selasa (2/11/2021), pria berusia 72 tahun tersebut didiagnosis menderita kanker prostat.

Rencananya dalam waktu dekat SBY akan melakukan check-up dan treatment terhadap penyakitnya di luar negeri. Meski demikian, menurut tim dokter, kanker prostat yang dialami SBY masih dalam tahap atau stadium awal.



Merangkum laman Mayo Clinic, Selasa (2/11/2021), kanker prostat adalah salah satu jenis kanker yang paling umum dialami pria. Banyak kanker prostat tumbuh lambat dan terbatas pada kelenjar prostat, dan mungkin tidak menyebabkan kerusakan serius.

Pada dasarnya kanker prostat mungkin tidak menimbulkan tanda atau gejala pada tahap awal. Namun, kanker prostat stadium lebih lanjut dapat menyebabkan tanda dan gejala yang beragam. Tentu kanker prostat ini bisa dicegah sejak dini dengan beberapa cara, di antaranya:

1. Mengonsumsi makanan sehat yang penuh dengan buah-buahan dan sayuran.

Buah dan sayuran mengandung banyak vitamin serta nutrisi yang dapat berkontribusi untuk kesehatan. Konsumsi makanan yang sehat dengan berbagai buah dan sayuran dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

2. Pilih makanan sehat ketimbang suplemen.

Tidak ada penelitian yang menunjukkan bahwa suplemen berperan dalam mengurangi risiko kanker prostat. Oleh sebab itu, pilihlah makanan yang kaya akan vitamin dan mineral sehingga dapat menjaga kadar vitamin yang sehat dalam tubuh.

3. Berolahraga setiap hari dalam seminggu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4338 seconds (0.1#10.140)