Tanda Kolesterol Tinggi Mulai Naik Selain Leher Kaku

Selasa, 09 November 2021 - 04:05 WIB
loading...
Tanda Kolesterol Tinggi Mulai Naik Selain Leher Kaku
Kolesterol yang mulai naik memiliki beberapa tanda. Namun, orang mengira bahwa kolesterol tinggi hanya ditandai dengan leher kaku. Banyak tanda kolesterol naik. Foto/Express.
A A A
JAKARTA - Kolesterol yang mulai naik memiliki beberapa tanda. Namun, banyak orang yang mengira bahwa kolesterol tinggi hanya ditandai dengan leher kaku. Padahal, banyak tanda kolesterol naik lainnya yang perlu diketahui.

Dikutip dari Halodoc, Selasa (9/11/2021) pasalnya, kolesterol yang tinggi dalam tubuh bisa menyebabkan seseorang terserang penyakit mematikan seperti stroke hingga serangan jantung .

Kolesterol merupakan senyawa lemak yang terdapat di dalam darah. Pada dasarnya, tubuh manusia membutuhkan kolesterol untuk membantu memproduksi sel-sel sehat, sejumlah hormon, serta vitamin D.

Meski demikian, jumlah kolesterol harus tetap dikontrol agar tidak terlalu tinggi. Kolesterol yang banyak akan tertimbun di sepanjang pembuluh darah arteri sebagai plak. Jika hal itu yang terjadi, aliran darah akan terhambat. Berikut ciri-ciri kolesterol mulai naik.

Baca Juga: Kolesterol Tinggi, Gejala saat Mengangkat Kaki Perlu Diwaspadai

1. Sakit Kepala

Salah satu gejala khas dan sering muncul sebagai ciri-ciri kolesterol naik adalah rasa sakit di kepala bagian belakang. Sakit kepala yang muncul bisa sangat mengganggu dan terasa berat, namun akan membaik setelah kolesterol normal.



2. Nyeri Dada

Nyeri dada di bagian depan bisa menjadi ciri-ciri kolesterol naik. Nyeri yang muncul biasanya terasa pada bagian lengan dan akan terasa lebih menyiksa jika kolesterol naik berbarengan dengan perasaan tertekan atau stres berlebihan.

3. Gangguan Pencernaan

Kolesterol naik juga bisa mengacaukan sistem pencernaan sehingga terjadi gangguan pencernaan. Kolesterol tinggi dapat menyebabkan ketidakseimbangan empedu, dan muncul batu empedu. Bahkan, ada 80 persen lebih kasus batu empedu yang terjadi karena kolesterol tinggi.

Baca Juga: Kolesterol Tinggi, 5 Tanda yang Dapat Akibatkan Amputasi
(dra)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1762 seconds (11.97#12.26)