Goro - Bol, Nasi Campur khas Gorontalo Kaya Rempah

Rabu, 10 November 2021 - 17:35 WIB
loading...
Goro - Bol, Nasi Campur khas Gorontalo Kaya Rempah
Nasi campur Goro - Bol merupakan salah satu kuliner khas Gorontalo yang bisa Anda coba saat berwisata ke wilayah yang dijuluki Bumi Serambi Madinah itu. / Foto: MPI/Novie Fauziah
A A A
JAKARTA - Indonesia di setiap wilayahnya memiliki nasi campur khasnya masing-masing. Seperti di Gorontalo, Sulawesi Utara misalnya, yang memiliki nasi campur Goro - Bol.

Nasi campur Goro - Bol merupakan salah satu kuliner khas Gorontalo yang bisa Anda coba saat berwisata ke wilayah yang dijuluki Bumi Serambi Madinah itu.

Dalam satu porsi nasi campur Goro - Bol terdapat nasi kuning, sate tuna yang dilumuri bumbu khas, ayam bakar iloni, tumis bunga pepaya dan sambal rica, serta lalapan juga kerupuk.

Baca juga: Jelajah Rasa dan Budaya Gorontalo dan Bone Bolango, Kenalkan Kuliner Khas Kedua Daerah Tersebut

Porsinya cukup besar, disajikan dengan alas daun pisang agar aroma lebih kuat. rasanya juga lezat, gurih dan rempah-rempahnya di setiap sajiannya.

"Masakan Gorontalo itu cukup berani untuk rempah-rempahnya," kata chef Lucky Andreono saat ditemui MNC Portal di Restoran Kaum, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (9/11/2021).

Jebolan MasterChef Indonesia musim pertama ini menjelaskan, salah satunya ayam bakar iloni yang diolah dengan aneka bumbu yang kental. Ditambah lagi dengan campuran santan, sehingga rasanya lebih lezat.

Salah satu yang spesial adalah ayam bakar iloni ini memakai cabai rica. Kemudian kunyit, bawang merah, hingga bawang putih. "Kita pakai cabai rica," ungkapnya.

Kuliner khas Kabupaten Gorontalo dan Bone Bolango ini bisa Anda temui di festival Jelajah Rasa dan Budaya Gorontalo & Bone Bolango.

Ajang tersebut merupakan rangkaian menuju Festival Kabupaten Lestari 4 (FKL4) yang akan diselenggarakan di dua kabupaten itu.

Baca juga: Manfaat Daun Salam untuk Kolesterol dan Efek Samping yang Perlu Diketahui

Festival yang mengusung tema Merangkai Kembali Identitas Lestari ini diselenggarakan pada 23-28 November 2021 secara daring dan luring.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1970 seconds (0.1#10.140)