Komunitas Peruja Helat Pameran Seni Lukis dan Patung Bertema Spirit Kemanusiaan

Kamis, 11 November 2021 - 23:53 WIB
loading...
Komunitas Peruja Helat Pameran Seni Lukis dan Patung Bertema Spirit Kemanusiaan
Komunitas Perupa Jakarta Raya menghadirkan ajang pameran seni lukis dan patung yang terbuka untuk masyarakat umum pada Kamis (11/11/2021) malam. Foto/MPI/Ahmad Haidir
A A A
JAKARTA - Dalam rangka peresmian gedung sekretariat dan galerinya, komunitas Perupa Jakarta Raya atau Peruja menghadirkan sebuah ajang pameran seni lukis dan patung yang terbuka untuk masyarakat umum pada Kamis (11/11/2021) malam.

Mengangkat tema Spirit Kemanusiaan, pengunjung dan tamu undangan diperlihatkan berbagai karya seni luar biasa dari para anggota Peruja yang merupakan para seniman rupa lintas generasi di Jakarta, yang ikut serta pada pameran kali ini sejumlah 52 orang.



Pemilihan tema tersebut merupakan perwujudan dari semangat dan kerja keras para perupa Jakarta dalam menghadirkan karya seni yang bermartabat di tengah adanya musibah pandemi Covid-19.

Dalam proses pameran juga diadakan artist talk di mana para seniman menjelaskan detail di balik karyanya. Selain itu ada juga pemutaran film terkait seni rupa sebagai rangkaian agenda kegiatan.

Selain pameran, gelaran ini juga ditujukan untuk melakukan penggalangan dana bagi para korban bencana alam yang terjadi di Tanah Air. Hal ini juga sebagai bentuk perwujudan dari tema besar Spirit Kemanusiaan.

Andi Suandi selaku Ketua Komunitas Peruja mengungkapkan, peresmian Sekretariat dan Galeri Peruja merupakan satu upaya untuk menyatukan sekaligus memberdayakan para seniman di Jakarta.

“Jadi galeri ini akan diperuntukkan bagi temen-temen seniman Jakarta sebagai kantong budaya, yang berarti kami tidak hanya untuk seniman perupa saja, tapi ada sastra, musik hingga tari. Selama itu masih kegiatan kebudayaan, kita terbuka dengan siapa pun," katanya kepada MNC Portal Indonesia.



Andi berharap perupa Ibukota bisa terus berkarya dan tidak kalah dengan para seniman dari kota lain seperti Yogyakarta dan Bali.

“Kita ingin dengan hadirnya galeri ini menjadikan seniman Jakarta tuan rumah kesenian di tempat sendiri. Karena bicara seni, selama ini kita banyak kedatangan seniman dari Bali, Jogja, dan kesannya kita malah jadi kayak penonton," ungkapnya.

Adapun masyarakat umum yang tertarik untuk melihat karya dari para seniman rupa Peruja, bisa mendatangi Sekretariat dan Galeri Peruja yang berlokasi di dekat Gedung Pesona, tepatnya di Jalan Ciputat Raya No. 10 C, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2855 seconds (0.1#10.140)