7 Tari tradisional Indonesia yang Mendunia

Minggu, 07 Juni 2020 - 09:18 WIB
loading...
7 Tari tradisional Indonesia yang Mendunia
Banyak budaya Indonesia yang berhasil dikenal luas di dunia. Salah satunya tari-tarian. Ilustrasi/SINDOnews/Titus Jefika Heri Hendarmawan
A A A
INDONESIA merupakan negara dengan beragam suku bangsa. Heterogenitas ini memperkaya khasanah budaya Nusantara . Baik itu bahasa, tari-tarian, nilai-nilai, maupun normal sosial. Bahkan banyak budaya Indonesia yang berhasil dikenal luas di dunia. Salah satunya tari-tarian. (Baca juga: Naskah Melayu Klasik: Harta Indonesia yang Tersembunyi )

1. Tari Jaipong (Jawa Barat)

7 Tari tradisional Indonesia yang Mendunia


Tari jaipong adalah salah satu identitas kesenian Jawa Barat. Hal ini terlihat dalam beberapa acara penting dengan tamu negara asing yang datang ke Jawa Barat, Tari Jaipong sering dihadirkan sebagai pertunjukkan. Tari jaipong merupakan tari yang dibuat oleh seorang seniman dari Bandung yaitu Gugum Gumbira. Pada awalnya disebut sebagai Ketuk Tilu, karena tarian ini memang identik dengan ketukan baik dari koreografi maupun iringannya. ( Soekarno Larang Rock and Roll, Gugum Gumbira Ciptakan Tari Jaipong )

2. Tari Kecak (Bali)

7 Tari tradisional Indonesia yang Mendunia


Tari Kecak adalah pertunjukan seni khas Bali yang diciptakan pada 1930-an dan dimainkan oleh laki-laki. Tarian ini dipertunjukkan oleh puluhan penari laki-laki yang duduk berbaris, melingkar dengan irama tertentu sambil menyerukan 'cak' dan mengangkat kedua lengan. Tarian ini menggambarkan kisah Ramayana saat barisan kera membantu Rama melawan Rahwana. (Lihat video: Eksotisme Tari Kecak Part 2 )

3. Tari Topeng (Betawi)

7 Tari tradisional Indonesia yang Mendunia


Mengandalkan visualisasi gerak yang dibuat nenek moyang tanpa melalui konsep. Ada pengaruh budaya Sunda dalam tarian ini, namun memiliki ciri berupa selancar. Para penarinya menggunakan topeng yang mirip dengan topeng banjet Karawang Jawa Barat. Namun dalam topeng Betawi memakai bahasa Betawi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2916 seconds (0.1#10.140)