Hari Diabetes Sedunia, Pentingnya Kontrol Gula Darah dengan 3J

Senin, 15 November 2021 - 07:53 WIB
loading...
Hari Diabetes Sedunia, Pentingnya Kontrol Gula Darah dengan 3J
Hari Diabetes Sedunia diperingati pada 14 November setiap tahunnya. Mengontrol gula darah supaya terhindar dari masalah diabetes bisa dilakukan dengan diet 3J. Foto/Healthline.
A A A
JAKARTA - Hari Diabetes Sedunia diperingati pada 14 November setiap tahunnya. Mengontrol gula darah supaya terhindar dari masalah diabetes atau mengurangi risiko keparahan penyakit , bisa dilakukan dengan diet 3J.

"Jadi, diet 3J itu adalah jumlah kalori yang dikonsumsi setiap hari, jadwal makan, dan jenis makanan yang dikonsumsi. Komponen 3J itu mesti diperhatikan oleh penyandang diabetes," papar Ketua PB PERSADIA Dr. dr. Sony Wibisono, Sp.PD-KEMD, FINASIM.

"Bukan hanya itu, penyandang diabetes juga harus rutin olahraga setidaknya 30 menit sehari, jalani terapi obat minum dan suntik secara konsisten, dan mendapat penyuluhan yang memadai," lanjut dr Sony melalui siaran resminya, Senin (15/11/2021).

Ketua Umum PERKENI Dr. dr. Ketut Suastika, Sp.PD-KEMD, mengatakan bahwa diabetes membutuhkan perhatian khusus karena penyakit ini menjadi sumber komplikasi untuk berbagai penyakit lainnya.


Diabetes juga menjadi penyebab kematian nomor tiga di dunia. Di masa pandemi Covid-19 , pasien diabetes pun menjadi salah satu kelompok rentan terpapar maupun mengalami kondisi berat ketika terinfeksi Covid-19 .

"Karena itu, pasien diabetes diprioritaskan mendapatkan vaksin Covid-19," kata Prof Ketut.

Selain vaksinasi, menurut dr. Sony, upaya pencegahan lainnya yang harus dilakukan tentu saja disiplin menjalankan protokol kesehatan dan menjaga kesehatan tubuh.

"Karena itu, penting bagi penyandang diabetes untuk mendapatkan dukungan, tidak hanya dari diri sendiri, tetapi juga dari edukator, keluarga, dokter, dan elemen lainnya," tutup dr Sony.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2344 seconds (0.1#10.140)