Awas! Beser Bisa Dialami Siapa Saja, Ini Cara Mengatasinya

Senin, 15 November 2021 - 15:28 WIB
loading...
Awas! Beser Bisa Dialami Siapa Saja, Ini Cara Mengatasinya
Beser atau Inkontinensia Urin (IU) bisa dialami siapa saja. Ini merupakan kondisi kehilangan kontrol kantung kemih sehingga tak bisa menahan buang air kecil. Foto/Jiva Store.
A A A
JAKARTA - Beser atau Inkontinensia Urin (IU) bisa dialami siapa saja. Ini merupakan kondisi kehilangan kontrol terhadap kantung kemih sehingga seseorang tak bisa menahan keinginan buang air kecil.

Sayangnya, penyakit ini tidak disadari oleh banyak orang. Padahal baik pria maupun perempuan bisa mengalami penyakit ini.

"Berdasarkan data, ada 70% pasien IU yang tidak mencari pertolongan untuk mengatasi masalah kesehatannya tersebut," kata Dokter Estetika The Clinic Beautylosoohy Cipete, dr Patricia Senin (15/11/2021).

Secara umum, IU menyerang 30% masyarakat dewasa di dunia. Masalah kesehatan ini empat hingga lima kali lebih sering terjadi pada wanita, khususnya mereka yang sudah pernah hamil dan melahirkan.


"Pada pria, kasusnya terjadi pada 50 persen pria yang melakukan pengangkatan prostat," jelas dr Patricia.

Menurut dr Patricia, ada banyak faktor seseorang mengalami IU. Pertama karena usia tua. Faktor lainnya adalah kehamilan, proses persalinan, dan menopause . Pada banyak kasus, kondisi IU akan semakin parah pada perempuan yang sudah melahirkan anak kedua.

"Itu karena otot panggul jadi melemah bahkan jadi rusak. Bisa dikatakan parah karena kondisi besernya sampai mengganggu aktivitas sehari-hari," ujar dr Patricia.

Meski demikian, IU dapat diminimalisir risikonya dengan rutin melakukan senam kegel. Olahraga ini terbukti dapat mengencangkan otot panggul. Selain itu, treatment magic chair juga dapat menjadi alternatif mengatasi masalah IU.


"Mengandalkan teknologi yang menghantarkan gelombang elektromagnetik, dengan treatment magic chair 28-30 menit, dipercaya setara dengan 12.000 melakukan senam kegel," tandasnya.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1192 seconds (0.1#10.140)