5 Cara Mudah Merangsang Pertumbuhan Rambut Secara Alami

Kamis, 18 November 2021 - 18:43 WIB
loading...
5 Cara Mudah Merangsang Pertumbuhan Rambut Secara Alami
Beberapa faktor dapat berdampak negatif pada pertumbuhan rambut Anda termasuk di antaranya diet, gaya hidup, dan produk perawatan rambut yang Anda gunakan. / Foto: ilustrasi/Thrive Global
A A A
JAKARTA - Bagi sebagian besar wanita, rambut merupakan mahkota yang wajib dirawat kesehatannya. Banyak orang yang mendambakan rambut lebat dan hitam supaya terlihat lebih menarik.

Kendati demikian, tidak sedikit juga orang yang merasa sulit untuk menumbuhkan rambut. Beberapa faktor dapat berdampak negatif pada pertumbuhan rambut Anda termasuk di antaranya diet, gaya hidup, dan produk perawatan rambut yang Anda gunakan.

Untuk itu, tidak ada salahnya untuk mencoba menerapkan tips mudah berikut ini yang dapat Anda gunakan untuk merangsang pertumbuhan rambut secara alami.

Baca juga: 8 Cara Mengobati Asam Urat pada Kaki, Nomor 6 Paling Mudah

1. Konsumsi Asam Lemak Omega-3

Asam lemak omega-3 dapat melawan peradangan dan mencegah kerontokan rambut secara berkala. Selain itu, mengonsumsi asam lemak omega-3 juga dapat meningkatkan kesehatan kulit kepala.

Anda dapat mengonsumsi ikan salmon atau makarel atau biji rami dan kenari. Sebagai opsi lain, Anda dapat mengonsumsi suplemen omega-3 yang banyak dijual di apotek. Dalam sebuah penelitian, minyak ikan yang berasal dari makarel juga bermanfaat untuk meningkatkan pertumbuhan rambut.

2. Tingkatkan Asupan Vitamin C

Vitamin C dapat membantu mengurangi kerontokan rambut yang berhubungan dengan kekurangan zat besi. Vitamin C meningkatkan penyerapan zat besi. Anda dapat memperbanyak konsumsi buah dan sayur.

Sebaiknya waspadalah terhadap suplemen penumbuh rambut yang dijual bebas dengan iming-iming mengandung vitamin A dan E tanpa berkonsultasi dengan dokter. Pasalnya, kandungan vitamin A dan E serta selenium yang berlebihan dapat membuat kerontokan rambut.

3. Hindari Keramas Terlalu Sering

Keramas yang berlebihan dapat mengeringkan dan melemahkan rambut Anda. Usahakan untuk tidak keramas lebih dari dua kali seminggu. Gunakan kondisioner setelah setiap mencuci rambut. Kondisioner memperbaiki kerusakan pada rambut Anda dan membuatnya lebih kuat.

4. Gunakan Perawatan dengan Masker Telur

Rambut Anda terutama terbuat dari protein yang disebut keratin. Telur kaya akan protein dan dapat membantu memperkuat folikel rambut Anda. Kelembapan dalam masker telur juga melindungi rambut Anda dari kekeringan.

Cara membuat masker telur sendiri:

Kocok kuning telur dalam mangkuk sampai Anda mendapatkan konsistensi yang halus. Tambahkan yogurt ke dalamnya sampai adonan bertekstur krim. Oleskan campuran ini ke rambut basah dan biarkan selama 20 menit. Cuci rambut Anda dengan air biasa.

5. Konsumsi Lebih Banyak Asupan Biotin

Asupan biotin membantu memelihara rambut tetap sehat. Sumber makanan kaya biotin termasuk kuning telur, kacang-kacangan (kacang kedelai, kacang tanah, kacang hijau, kenari, kacang polong, dan almond), keju, hingga ubi jalar.

Baca juga: Gunakan Vaksin Sinovac, Vaksinasi Anak 6-11 Tahun Mulai Dilakukan 2022

Biotin juga dapat dikonsumsi dalam bentuk suplemen makanan. Sebuah studi menyatakan bahwa konsumsi suplemen yang mengandung vitamin B5 dan biotin mampu menurunkan kerontokan rambut dan meningkatkan kesehatan rambut.
(nug)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2607 seconds (11.97#12.26)