Vaksinasi Flu Sangat Penting untuk Cegah Koinfeksi Covid-19, Ini Penjelasan Kemenkes

Jum'at, 19 November 2021 - 16:31 WIB
loading...
Vaksinasi Flu Sangat Penting untuk Cegah Koinfeksi Covid-19, Ini Penjelasan Kemenkes
Kemenkes menjelaskan vaksinasi flu sangat penting dilakukan selama masa pandemi Covid-19. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menjelaskan vaksinasi flu sangat penting dilakukan selama masa pandemi Covid-19. Terlebih, masih banyak masyarakat yang belum memahami bahwa flu yang umum terjadi dapat mengakibatkan komplikasi serius, terutama pada kelompok rentan.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kemenkes , dr. Siti Nadia Tarmizi, mengatakan bahwa saat ini, kasus Covid-19 sudah menurun seiring meningkatnya cakupan vaksinasi.

"Namun, kita tetap harus disiplin menjalankan protokol kesehatan dan melakukan vaksinasi sesuai dengan jadwal dan rekomendasi dokter demi melindungi diri dari penyakit infeksi yang berbahaya seperti influenza," kata Siti Nadia, dalam virtual media briefing, Jumat (19/11/2021).

Siti Nadia menambahkan bahwa selain dapat melindungi diri dari risiko flu, vaksinasi ini juga berfungsi untuk mencegah terjadinya koinfeksi dengan Covid-19. Sebab, banyak penyintas Covid-19 yang mengalami keparahan penyakit akibat mengalami koinfeksi.



"Terlebih lagi, vaksinasi flu dinilai penting untuk mencegah timbulnya koinfeksi dengan infeksi virus Covid-19 yang dapat mengakibatkan komplikasi serius. Selain itu, pemberian vaksin flu dan vaksin Covid-19 dapat ditoleransi dengan baik sesuai prosedur vaksinasi," tuntasnya.

Sebagaimana diketahui, penyakit flu merupakan penyakit infeksi saluran napas yang disebabkan virus influenza. Penyakit ini bersifat sangat menular, dan dapat mengenai semua kelompok umur, dan dapat mengakibatkan komplikasi serius.

"Terutama pada orang yang mengalami penurunan kekebalan tubuh dan kelompok berisiko tinggi," pungkasnya.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6112 seconds (0.1#10.140)