Rilis Single Baru, HIVI! dan Kemenkominfo Edukasi Anak Muda Melek Literasi Digital

Jum'at, 19 November 2021 - 17:42 WIB
loading...
Rilis Single Baru, HIVI! dan Kemenkominfo Edukasi Anak Muda Melek Literasi Digital
Dalam single Cerita Dunia Maya, band pop HIV! berkolaborasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo). / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Band pop HIV! rilis single baru berjudul Cerita Dunia Maya #MakinCakapDigital. Dalam single ini, HIV! berkolaborasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo).

Selain itu, dilibatkan juga Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD). Mereka melalui single Cerita Dunia Maya berupaya untuk meningkatkan edukasi literasi digital, khususnya bagi generasi Z di Indonesia.

Koordinator Literasi Digital Kemenkominfo, Rizki Ameliah mengatakan, lagu ini memperkenalkan aransemen musik easy listening dengan lirik yang menggugah generasi muda untuk bijak menggunakan internet.

Baca juga: Wamenparekraf Angela Berharap Wisata Kebugaran Bisa Bangkitkan Pariwisata Tanah Air

Video musik Cerita Dunia Maya juga mengajak anak muda untuk semakin cerdas menyikapi dampak negatif internet, khususnya bagi kesehatan mental mereka.

"Namun, teknologi digital dan internet juga berdampak negatif jika digunakan untuk menyebarkan hoax, cyber-bullying, radikalisme, bahkan terorisme," ujar Rizki melalui siaran persnya, Jumat (19/11/2021).

"Oleh karena itu, penting untuk mengedukasi masyarakat mengenai literasi digital, sehingga mereka, khususnya generasi muda, semakin bijak menggunakan internet," lanjutnya.

Dalam kolaborasi ini, HIVI! turut berperan dalam menulis dan mengaransemen lagu Cerita Dunia Maya. Lirik dalam lagu ini mengajak masyarakat agar mengoptimalkan internet untuk hal-hal yang produktif, percaya diri, khususnya dalam mengekspresikan versi terbaik dari diri mereka sendiri, serta bijak menyaring negativity di dunia maya.

Menurut Rizki, musik merupakan sarana yang universal dan sangat mudah diterima masyarakat dari seluruh kalangan.

Baca juga: Waspada! Pasien RSD Wisma Atlet Kembali Meningkat: Kita Punya PR Besar

"Lewat musik, pendengar juga sangat mudah terhubung secara emosional, sehingga kami berharap pesan dari kampanye ini dapat dengan mudah masuk dan diterima oleh masyarakat khususnya anak muda," tuntasnya.
(nug)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1141 seconds (10.101#12.26)