Gejala Kolesterol Tinggi di Kaki yang Muncul Malam Hari

Senin, 22 November 2021 - 05:15 WIB
loading...
Gejala Kolesterol Tinggi di Kaki yang Muncul Malam Hari
Gejala kolesterol tinggi bisa muncul di kaki saat malam hari. Dokter Jeff Foster menjelaskan salah satu tanda kolesterol menyumbat arteri bisa muncul di kaki. Foto/Express.
A A A
JAKARTA - Gejala kolesterol tinggi bisa muncul di kaki saat malam hari. Dokter Jeff Foster dari H3 Health menjelaskan bahwa salah satu tanda kolesterol yang menyumbat arteri bisa muncul di kaki pada malam hari.

Dilansir dari Express, Senin (22/11/2021) meskipun adanya kolesterol dalam darah tidak memiliki hubungan dengan gejala klinis, penyempitan pembuluh darah yang menyebabkannya.

Anggota badan di bagian bawah tubuh dapat menjadi yang pertama untuk membunyikan alarm karena saraf di tungkai dan kaki lebih sensitif terhadap rangsangan sensorik.

Dokter Foster menjelaskan bahwa gejala yang mengisyaratkan bahwa penyempitan arteri sering terkonsentrasi di daerah ini, karena otot-otot kaki adalah yang pertama menderita kekurangan oksigen.

Baca Juga: Manfaat Daun Salam untuk Kolesterol dan Efek Samping yang Perlu Diketahui

“Awalnya saat arteri menyempit, rasa sakit muncul saat aktivitas karena otot kehabisan oksigen lebih cepat, tetapi semakin parah, rasa sakit bisa muncul di malam hari,” jelas dokter Foster.

"Pasien juga dapat melihat anggota badan atau kaki mereka mulai pucat, (lebih) dingin, tertusuk jarum, dan tidak ada denyut nadi. Jika mengalami ini, ini darurat," sambungnya.

Sementara penyempitan arteri kaki merupakan tanda bahaya, penyumbatan arteri koroner merupakan ancaman terbesar. Dokter Foster mengatakan bahwa tanda paling serius dari kondisi ini adalah angina, rasa sakit yang tajam di dada.

“Bila arteri koroner menjadi sangat sempit, dapat menyebabkan angina 'tidak stabil' atau sindrom koroner akut. Keduanya pada dasarnya mengatakan pra-serangan jantung dan disinilah mereka mungkin muncul saat istirahat, atau malam hari," tandasnya.

Baca Juga: 5 Gejala Kolesterol Naik yang Tidak Boleh Disepelekan, Nomor 3 Bisa Memicu Stroke Sejak Dini
(dra)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1503 seconds (10.55#12.26)