Lahir di Jumat Legi, Anak Raffi Ahmad-Nagita Slavina Miliki Sifat Suci dan Kaya

Jum'at, 26 November 2021 - 14:19 WIB
loading...
Lahir di Jumat Legi, Anak Raffi Ahmad-Nagita Slavina Miliki Sifat Suci dan Kaya
Raffi Ahmad sedang memeluk putra keduanya yang baru saja lahir. Foto/IG @raffinagita1717
A A A
JAKARTA - Raffi Ahmad dan Nagita Slavina , tengah berbahagia atas kelahiran anak keduanya. Adik Rafatar tersebut, lahir tepat di hari Jumat Legi. Dalam perhitungan Jawa, Jumat Legi memiliki neptu 11.

Berdasarkan Kitab Primbon Betaljemur Adammakna karya Kanjeng Pangeran Harya Tjakraningrat, Jumat atau Jemuah memiliki watake dino atau sifatnya hari yang bisa menjadi baik. Watak hari Jumat, juga digambarkan "semuci suci", dan "kudu resik" (harus bersih).

"Semuci suci" dapat diartikan secara baik, yakni orang memiliki keinginan untuk menjadi suci. Namun juga dapat memiliki makna sok suci. Sedangkan "kudu resik", bermakna orang yang selalu ingin menjadi bersih.

Baca Juga : Nagita Slavina Melahirkan Anak Laki-laki, Raffi Ahmad: Tambah Lagi Jagoan Papa

Kitab primbon berisi 337 bab tentang ilmu-ilmu Jawa peninggalan leluhur tersebut, juga menyebutkan watake hari pasaran Legi sangat baik. Bayi yang lahir di hari pasaran Legi, memiliki watak "mengku" atau menguasai.

Selain itu, dalam primbonnya, Kanjeng Pangeran Harya Tjakraningrat menyebut, bayi yang lahir di hari pasaran Legi, juga memiliki watak 'Sugih" atau kaya. Watak baik lainnya dari Legi adalah "lega karepe" atau mampu terpuaskan keinginannya, bisa juga bermakna mampu memuaskan keinginan.



Watak Legi, juga disebutkan "bujakramane pradah". Artinya, orang yang lahir pada hari pasaran Legi ini, memiliki kemampuan untuk menyelesaikan tugas yang diembankan kepadanya secara baik.

Baca Juga : Nagita Slavina Lahirkan Bayi Laki-Laki dengan Bobot 3,095 Gram, Raffi Ahmad: Bayinya Jangan Dikasih Lihat Dulu Ya

Sementara terkait neptu 11, yang merupakan hasil penjumlahan neptu 6 untuk Jumat, dan neptu 5 untuk Legi. Memiliki watak yang kurang baik, yakni digambarkan sebagai orang yang plin-plan dalam mengambil keputusan.
(wur)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1593 seconds (10.177#12.26)