5 Manfaat Akar Teratai Bagi Kesehatan, Nomor 4 Paling Sering Dibutuhkan

Minggu, 28 November 2021 - 14:16 WIB
loading...
5 Manfaat Akar Teratai Bagi Kesehatan, Nomor 4 Paling Sering Dibutuhkan
5 manfaat akar teratai untuk kesehatan, diantaranya mencegah obesitas atau diet hingga menurunkan kadar kolesterol. Foto/Ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Akar teratai memiliki segudang manfaat yang menakjubkan untuk pengobatan dan dianggap sebagai makanan yang bernilai gizi tinggi. Pasalnya, sayuran akar ini adalah sumber antioksidan, serat makanan, dan karbohidrat sehat yang baik dan dapat bermanfaat bagi kesehatan dalam banyak hal.

Akar teratai terkenal karena teksturnya yang renyah dan rasanya sedikit agak manis. Bahan makanan ini dapat diolah dengan beberapa cara misalnya dikukus, digoreng dengan banyak minyak, disemur ataupun ditumis.

Dilansir dari Stylecraze, dalam 100 gram akar teratai yang dimasak mengandung 86 kalori, 1,54 gram protein, 15,5 gram karbohidrat, 2,6 gram lemak, 26 miligram kalsium, 352 miligram kalium, 21 miligram Magnesiu, dam 76 miligram fosfor.

Tidak salah jika akar teratai memiliki segudang manfaat karena kandungan nutrisi di dalamnya yang dapat berguna untuk kesehatan tubuh.



Berikut 5 manfaat akar teratai bagi kesehatan yang penting untuk diketahui:

1. Melindungi Terhadap Sakit Maag

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa akar teratai dapat melindungi perut dari sakit maag. Ini karena akar teratai memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang menambah efek gastroprotektif dan mempercepat pemulihan lapisan mukosa lambung.

2. Mengurangi Peradangan

Akar teratai mengandung asam linoleat. Asam lemak ini dapat mengurangi respons peradangan di dalam tubuh dan membantu mencegah kondisi peradangan akut seperti hepatitis akut dan penyakit autoimun.

3. Membantu Mencerahkan Kulit

Akar teratai merupakan sumber luar biasa dari vitamin C. Berkat kandungan antioksidan yang dimilikinya, akar teratai mampu mengurangi tanda hiperpigementasi misalnya flek hitam dan perubahan warna pada kulit, membantu sintesis kolagen, melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan paparan sinar ultraviolet.

4. Mengontrol Berat Badan dan Turunkan Kolesterol

Ekstrak akar teratai dapat mengurangi berat jaringan lemak (adiposit) dan memiliki efek anti-obesitas pada sel manusia. Ini mencegah akumulasi lipid dalam sel dan dapat menurunkan kadar kolesterol. Ini juga dapat membantu mencegah kondisi terkait obesitas.

5. Mengobati Alergi

Sebuah penelitian menemukan bahwa bubuk akar teratai dapat mengurangi gejala alergi. Pasalnya, akar teratai mengandung vitamin C dan senyawa polifenol lain yang dapat mengurangi histamin (senyawa yang dilepaskan oleh sel-sel yang memicu reaksi alergi) dan parameter inflamasi lainnya.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0930 seconds (0.1#10.140)