Podcast Kata Dokter Akan Membahas Penyebaran HIV/AIDS di Indonesia 

Rabu, 01 Desember 2021 - 13:03 WIB
loading...
Podcast Kata Dokter Akan Membahas Penyebaran HIV/AIDS di Indonesia 
Podcast Kata Dokter bersama dr Nadia Alaydrus akan membahas penyebaran HIV/AIDS di Indonesia. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - HIV bukan lah penyakit baru, Virus HIV diketahui pertama kali ditemukan di Kinshasa, Republik Demokratik Kongo pada tahun 1920, ketika dilaporkan adanya penyebaran infeksi virus simian immunodeficiency viruses (SIV) dari simpanse dan gorila kepada manusia. Semenjak itu kasus kematian mendadak dengan gejala-gejala khas hilang dan dianggap tidak menjadi ancaman.

Penyebaran HIV/AIDS di Indonesia berawal dari penemuan kasus AIDS pertama kali di Indonesia tahun 1987. Dalam kurun waktu 10 tahun sejak AIDS pertama kali ditemukan, pada akhir 1996 jumlah kasus HIV positif mencapai 381 dan 154 kasus AIDS.

Penyebaran HIV di Indonesia memiliki dua pola setelah masuk pada tahun 1987 dan 1996. Pada tahun 1990, model penyebarannya melalui hubungan seks heteroseksual. Prosentase terbesar pengidap HIV AIDS ditemukan pada kelompok usia produktif (15-49 tahun): 82,9%, sedangkan kecenderungan cara penularan yang paling banyak adalah melalui hubungan seksual berisiko (95.7%), yang terbagi dari heteroseksual 62,6% dan pria homoseksual/biseksual 33,1%. (Stranas 1994).


dr. Nadia Alaydrus (embed nadia alaydrus dengan link event) yang merupakan seorang dokter asal Jakarta yang juga aktif di sosial media terutama TikTok. Dia juga terkenal sebagai seorang dokter yang sering membagikan tips dan trik di sosial media tentang kesehatan dan juga perawatan.

dr. Nadia Alaydrus akan coba membahas bagaimana HIV/Aids sekarang, apakah jumlahnya menurun atau meningkat, hingga cara mencegah penularannya. Kira-kira informasi apa saja yang akan kita peroleh dari dr. Nadia Alaydrus di Live Podcast Kata Dokter yang bisa didengarkan di RCTI+ (embed rcti+ dengan link rcti+)tanggal 1 Desember 2021 Jam 19.00 Wib. Supaya tidak kelewatan semua informasi yang akan disampaikan oleh dr. Nadia Alaydrus, ayo segera download RCTI+ di Google Play dan Apps Store sekarang juga.

Baca Juga : Satu Tersangka Pesta Gay Terbukti Mengidap HIV AIDS
(wur)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2035 seconds (0.1#10.140)