Dominasi Demografi, Generasi Muda Jadi Ujung Tombak Segala Aspek

Kamis, 02 Desember 2021 - 13:16 WIB
loading...
Dominasi Demografi, Generasi Muda Jadi Ujung Tombak Segala Aspek
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan bahwa generasi milenial adalah ujung tombak segala aspek bangsa. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Indonesia saat ini sedang menikmati bonus demografi . Hal itu tercermin dari struktur demografi Indonesia yang didominasi penduduk berusia muda, dengan median 29,9 tahun. Demografi ini jauh lebih muda dibandingkan dengan Tiongkok di angka 37,1 tahun.

Bonus demografi berkontribusi positif bagi tumbuhnya PDB dari sektor ekonomi kreatif yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Berdasarkan data dari Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), PDB Sektor Ekonomi Kreatif meningkat dari Rp784 triliun pada 2014 menjadi Rp1,105 triliun pada 2018. Sekitar 41 persen selama kurun waktu 4 tahun.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan bahwa generasi milenial adalah ujung tombak segala aspek bangsa utamanya sektor perekonomian. Maka penting untuk membangun kesadaran akan pentingnya literasi tentang kemerdekaan finansial.

Baca juga: Chicco Jerikho Berjuang Lawan Sepsis, Begini Gejala dan Faktor Risikonya

Hal tersebut diungkapkan Sandiaga Uno dalam Webinar Legislative Festival Sema UIN Jakarta: Merdeka Finansial Sebelum Umur 30 Tahun.

"Membangun kesadaran dan semangat para milenial untuk memajukan pertumbuhan perekonomian di era sekarang dan sangat diharapkan untuk seluruh masyarakat untuk bersama sama meningkatkan laju perekonomian dengan membangun finansial yang baik," ujar Sandiaga, Rabu (1/12/2021).

Pakar Keuangan Robert Kiyosaki mengatakan, merdeka finansial bukan sekadar punya harta melimpah, melainkan memiliki kebebasan untuk melakukan banyak hal tanpa perlu menghawatirkan cash flow. Di Indonesia sendiri, kesadaran akan kemerdekaan finansial sudah mulai tumbuh.

Bank Indonesia (BI) mencatat bahwa generasi milenial menjadi roda penggerak baru di pasar keuangan dengan usia di bawah 30 tahun sebesar 59 persen, di antaranya laki-laki 62 persen dan perempuan sebesar 38 persen.

Baca juga: Ini Bahaya Mutasi Baru Covid-19, Yuk Jangan Abai Protokol Kesehatan

Sementara itu, Haydin Haritzon dari Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mengatakan bahwa profil demografi pemilik rekening tabungan ada pada usia 20 sampai 25 tahun atau mereka yang berusia muda. Dari profil tersebut, lembaga-lembaga keuangan mulai banyak mengedukasi cara meningkatkan pertumbuhan keuangan dengan baik (investasi, dll).
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3555 seconds (0.1#10.140)