Varian Omicron Menyebar di Malaysia, Dokter Ingatkan Tetap Waspada

Sabtu, 04 Desember 2021 - 10:36 WIB
loading...
Varian Omicron Menyebar di Malaysia, Dokter Ingatkan Tetap Waspada
Varian Omicron telah menyebar secara luas. Bahkan saat ini Malaysia telah melaporkan temuan kasus yang disebabkan oleh varian Covid-19 baru tersebut. Foto/The New Daily.
A A A
JAKARTA - Varian Omicron telah menyebar secara luas. Bahkan saat ini Malaysia telah melaporkan temuan kasus yang disebabkan oleh varian Covid-19 baru tersebut.

Merangkum dari Instagram @dr.fajriaddai, Sabtu (4/12/2021), pakar kesehatan sekaligus dokter relawan Covid-19 , dr. Muhamad Fajri Adda'i mengingatkan masyarakat untuk tidak panik, namun tetap waspada.

"Biasa saja dan tetap waspada kalaupun sudah ada di Indonesia. Kalau benar-benar melarang masuk atau keluar dari suatu negara memang susah dan banyak konsekuensi diplomatik dan lainnya," kata dr. Fajri dalam unggahannya.


Ia menambahkan bahwa yang paling penting dilakukan pada saat ini adalah karantina beserta dengan implementasinya. Sebab bisa saja varian Omicron ini sudah menyebar ke berbagai negara tanpa diketahui.

Sebagaimana diketahui, saat ini pemerintah telah mengatur ulang sistem karantina bagi masyarakat yang masuk ke Indonesia. Salah satunya adalah mentracing WNA dan WNI yang memiliki riwayat perjalanan dari 11 negara tertentu.

Adapun ke-11 negara yang dimaksud tersebut adalah Afrika Selatan, Botswana, Namibia, Lesotho, Mozambik, Eswatini, Zimbabwe, Malawi, Angola, Zambia, dan Hong Kong. Oleh sebab itu dengan menerapkan karantina yang baru, masyarakat juga diminta berpartisipasi untuk mencegah potensi penularan Covid-19.


"Caranya dengan menggunakan masker dan mengurangi interaksi yang berisiko tinggi merupakan hal utama yang dapat menekan penyebaran," tuntasnya.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3314 seconds (0.1#10.140)