Tak Hanya Ampuh Turunkan Kolesterol Jahat, Ini Manfaat Lain Alpukat

Minggu, 05 Desember 2021 - 07:05 WIB
loading...
Tak Hanya Ampuh Turunkan Kolesterol Jahat, Ini Manfaat Lain Alpukat
Alpukat mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya menurunkan kolesterol. Foto/Eatthis
A A A
JAKARTA - Di balik rasanya yang nikmat, alpukat ternyata punya segudang manfaat kesehatan. Salah satunya adalah ampuh menurunkan kadar kolesterol . Alpukat kaya akan vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, vitamin K, kalium , lutein, karbohidrat, folat magnesium, protein serta folat.

Alpukat memiliki kandungan lemak yang tinggi, tetapi jangan khawatir lemak yang terdapat dalam buah ini adalah lemak sehat yang justru dapat menurunkan kadar kolesterol. Menurut California Avocado Commision, alpukat dapat membantu tubuh untuk menyerap nutrisi dan makanan lainnya yang kamu telah konsumsi. Jadi jika kita berbicara tentang kolesterol, alpukat ini merupakan buah yang baik untuk membantu menurunkan angka kadar kolesterol kamu.

Baca Juga : Ikan yang Mengandung Kolesterol Tinggi, Sebaiknya Jangan Berlebihan Dikonsumsi

Selain untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, manfaat dari buah Alpukat ini sangat banyak untuk Kesehatan, diantaranya yaitu;

1. Menurunkan Kolesterol

Salah satu manfaat alpukat adalah dapat membantu menurunkan kolesterol. Kandungan yang terdapat dalma alpukat diketahui dapat membantu menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh dan meningkatkan kolesterol baik. Tak hanya itu, alpukat juga menandung vitamin, mineral, serat, phytosterols ( komponen yang mampu menghambat penyerapan kolesterol ), serta antioksidan. Kandungan tersebut bekerja sama dalam mencegah kanker dan gangguan jantung pada tubuh manusia.



2. Menurunkan Berat Badan

Menurt study dari Journal of the American Heart Association mengkonsumsi alpukat untuk makan siang dipercaya dapat menimbulkan rasa kenyang yang lebih lama. Sehingga dapat membantu orang yang memiliki berat badan yang berlebih untuk mengurangi berat badannya. Studi ini melibatkan 45 orang sehat (perempuan dan laki-laki) dengan rentan usia 21-70 tahun, dan mereka melakukan diet rendah kolesterol selama 5 minggu. Penelitian ini dimaksutkan untuk mengetahui apakah mengkonsumsi buah alpukat dapat mempengaruhi kolesterol dalam tubuh.

Hasil dari penelitian tersebut menyimpulkan bahwa, partisipan yang menjalani diet rendah lemak dapat menurunkan kadar kolesterol sebesar 7,4 mg LDL. Dapat disimpulkan bahwa alpukat dapat berkontribusi untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Baca Juga : Simak Yuk 5 Deretan Manfaat Buah Alpukat untuk Kecantikan

3. Menjaga Kesehatan Mata

Alpukat mengandung Lutein dan zeaxathin. Kedua zat tersebut diketahui dapat menjaga Kesehatan mata. Zat tersebut terkandung dalam alpukat memiliki peran sebagai anti oksidan yang dapat menurunkan resiko penyakit katarak pada mata yang umunya terjadi pada orang yang berusia lanjut. (MG03-Annisa Nurul Puspadewi)
(wur)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1679 seconds (10.55#12.26)