Doddy Sudrajat Ingin Pindahkan Makam Vanessa Angel, Ulama Tegaskan Haram

Selasa, 07 Desember 2021 - 16:37 WIB
loading...
Doddy Sudrajat Ingin Pindahkan Makam Vanessa Angel, Ulama Tegaskan Haram
Doddy Sudrajat ingin memindahkan makam Vanessa Angel dari Taman Makam Islam Malaka, Jakarta Selatan ke TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat, dekat ibundanya. Foto/Novie Fauziah.
A A A
JAKARTA - Doddy Sudrajat ingin memindahkan makam Vanessa Angel dari Taman Makam Islam Malaka, Jakarta Selatan ke TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat. Makam Vanessa akan dekat dengan makam sang ibunda, Lucy Maywati.

Doddy menyebut bahwa rencana tersebut telah diketahui oleh keluarga besanya. Bahkan mereka juga mengaku sudah setuju dengan rencana perpindahan makam tersebut.

"Oh tetap, itu fix keluarga besar sudah (setuju)," tutur Doddy beberapa waktu lalu.

Terkait rencana pemindahan makam istri Bibi Ardiansyah itu, para ulama mengatakan memindahkan makam hukumnya haram. Hal ini tidak boleh dilakukan tanpa ada alasan yang tepat, seperti halnya keadaan darurat.

Baca Juga: 40 Harian, Keluarga Vanessa Angel Cetak Buku Yasin Tanpa Foto dan Nama Bibi Ardiansyah

"Seorang muslim itu memiliki kehormatan, baik saat hidup maupun sudah meninggal. Kalau ada maslahatnya boleh kuburan itu dibongkar dan dipindahkan, tapi kalau tidak ada kepentingan, sebaiknya tidak dilakukan," kata Ustaz Zulham Effendi, M.Pd.I dikutip dari kanal YouTube Salam Televisi, Selasa (7/12/2021).

Sebagaimana diketahui, rencana pemindahan makam dilakukan oleh Doddy lantaran mengaku didatangi oleh Vanessa di dalam mimpi. Ia juga menyebut bahwa semasa hidupnya, ibu Gala Sky ini sempat mengungkapkan keinginan untuk dimakamkan dekat dengan ibundanya.



"Masalah makam ya, semasa dulu masih ada Vanessa, kita pernah ziarah bareng ke almarhum mamanya. Vanessa bilang ke saya waktu di Karet Bivak, 'Dad bisa nggak ya kita punya makam keluarga kita sama-sama. Ntar kalau aku nggak ada umur, Daddy nggak ada umur, kita nggak ada umur, kita bisa sama-sama satu dengan Mama. Kalau di kampung-kampung ada makam keluarga'," ujar Doddy.

Baca Juga: Ini Alasan Faisal Ayah Bibi Ardiansyah Gugat Doddy Sudrajat

"Saya bilang sama Vanessa, 'Nes di sini nggak ada lagi tanah yang luang, udah nggak bisa lagi. Kalaupun mau itu makam orang kita bisa beli'," sambungnya.
(dra)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1389 seconds (10.177#12.26)