Menparekraf Sandi Yakin Desa Wisata Bakal Jadi Ujung Tombak Pembangunan

Rabu, 08 Desember 2021 - 05:07 WIB
loading...
Menparekraf Sandi Yakin Desa Wisata Bakal Jadi Ujung Tombak Pembangunan
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno menyakini bahwa sejatinya desa-desa di seluruh nusantara merupakan ujung tombak pembangunan Indonesia. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif , Sandiaga Uno menyakini bahwa sejatinya desa-desa di seluruh nusantara merupakan ujung tombak pembangunan Indonesia.

Hal tersebut diungkapkannya dalam penutupan malam puncak Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI di Jakarta, Selasa malam, 7 Desember 2021.

Sejak ADWI 2021 mulai berlangsung pada Juli 2021, Sandiaga Uno telah mengunjungi secara langsung sekitar 50 desa wisata di Tanah Air.

Baca juga: Ini Daftar Lengkap Pemenang Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021

"Sebelumnya, saya pikir bahwa kita yang akan membangun desa, termasuk desa wisata. Tapi setelah visitasi ke lebih 50 desa wisata, saya menyakini bahwa desa lah yang akan membangun Indonesia," tutur Menparekraf Sandiaga.

Maka dari itu, dia meminta dukungan dari semua pihak untuk bisa membangun bersama desa-desa wisata di seluruh Indonesia. Salah satunya, dengan dimasukkannya program pembangunan desa wisata ke dalam program pemulihan ekonomi nasional.

"Singkatnya, saya mohon dukungan untuk membangun bersama-sama. Mudah-mudahan homestay-homestay bisa disentuh, juga beberapa fasilitas sarana dan prasarana di desa wisata," kata Menparekraf Sandiaga.

"Silakan kita sambut ajakan Pak Menko, mungkin dalam program pemulihan ekonomi nasional kita bisa bangun sarana hunian wisata. Demi kebangkitan Indonesia dan desa wisata lah yang akan jadi lokomotifnya," katanya lagi.

Baca juga: 7 Desa Wisata Ini Peroleh Penghargaan Desa Mandiri Inspiratif di ADWI 2021

Sementara itu, dalam ajang ADWI 2021, telah terpilih para pemenang dari 7 kategori yang dikompetisikan, serta 1 kategori spesial. Ajang ini sendiri tercatat diikuti sebanyak 1.831 desa wisata.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2550 seconds (0.1#10.140)