Tips Agar Anak Nyaman Belajar di Rumah

Senin, 08 Juni 2020 - 15:44 WIB
loading...
Tips Agar Anak Nyaman Belajar di Rumah
Foto/Istimewa
A A A
Menghabiskan lebih banyak waktu di rumah, membuat orang tua mencari kegiatan yang tetap dapat merangsang pikiran anak dan membuat mereka gemar belajar . New Asian Learning Experience Study oleh HP mengidentifikasi sikap orang tua milenial terhadap pembelajaran dan bagaimana kepribadian mereka memengaruhi cara anak-anak mereka belajar.

Studi ini menunjukkan bahwa walaupun pembelajaran cetak dan digital memiliki kelebihan masing-masing, nyatanya kombinasi belajar secara digital dan cetak adalah metode yang paling bermanfaat dalam membantu anak-anak tetap fokus dan tekun saat mereka belajar. Terungkap bahwa para orang tua di Indonesia memilih untuk mengasah kemampuan bahasa anak mereka melalui materi cetak (50,2%) dan mempelajari musik melalui platform digital (53,1%). (Baca: Warga Jenuh dengan Aksi Marah-Marah Pejabat di Ruang Publik)

Sebagian besar orang tua justru menggabungkan pembelajaran cetak dan digital untuk meningkatkan matematika (60%) dan kemampuan bahasa (52,7%). Menurut Fiona Lee, President Director HP Inc Indonesia, dalam proses belajar, penting bagi orang tua untuk memastikan anak memperoleh materi digital dan cetak yang sesuai, serta tidak membiarkan mereka memperolehnya sendiri.

"Misalnya, ketika orang tua dan guru ingin melatih kemampuan anak dalam mata pelajaran matematika dan bahasa, anak dapat mengeksplorasi konsep-konsep matematika melalui storytelling, mencari berbagai materi dari internet dan mengerjakan soal-soal tersebut dengan materi cetak yang dipersiapkan orang tua" kata Fiona.

Orang tua juga dapat menggunakan materi cetak, seperti flash card, untuk melatih kemampuan bahasa anak. Terinspirasi dari hal ini, HP Inc meluncurkan inovasi terbaru HP Print, Play & Learn. Ini merupakan kumpulan aktivitas menarik yang dapat dicetak dengan mudah oleh orang tua untuk membuat beragam aktivitas kreatif dan menyenangkan, seperti belajar membuat kerajinan tangan, labirin, menggambar dengan menghubungkan satu titik ke titik lainnya dan permainan teka-teki yang sesuai dengan kebutuhan anak untuk mencapai hasil pembelajaran terbaik. (Baca juga: Ojol Kembali Beroperasi, Driver: Orderan Penumpang Masih Sepi)

Dikatakan Fiona, sebagai orang tua, kita perlu mengarahkan anak untuk menyeimbangkan antara apa yang mereka minati dengan upaya orang tua dalam mempersiapkan masa depan mereka. "Saya senang bahwa HP, sebagai sebuah consumer brand terpercaya, mendukung proses belajar dari rumah dengan membantu orang tua bekerja menemukan kreativitas bersama, sekaligus membantu mengarahkan masa depan pendidikan dan pembelajaran anak-anak di Indonesia," katanya. (Baca juga: Era New Normal, Pendidikan Jarak Jauh Tetap Diprioritaskan)

Pihaknya yakin upaya ini dapat membantu orang tua melatih kreativitas anak-anak secara produktif selama belajar dari rumah dan membantu mereka mempererat hubungan kekeluargaan. "Saya mengajak para orang tua dan guru untuk mencoba HP Print, Play & Learn, untuk mendapatkan pengalaman langsung tentang bagaimana menyenangkannya belajar secara kreatif," pungkas Fiona. (Sri Noviarni)
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1227 seconds (0.1#10.140)