Jatuh Bangun Jalani Bisnis, Shireen Sungkar Pernah Rasakan Tidak Balik Modal

Sabtu, 11 Desember 2021 - 08:42 WIB
loading...
Jatuh Bangun Jalani Bisnis, Shireen Sungkar Pernah Rasakan Tidak Balik Modal
Artis Shireen Sungkar mengenang awal dirinya mulai merintis usaha bersama sang suami, Teuku Wisnu. / Foto: MPI/Shireen Sungkar
A A A
JAKARTA - Artis Shireen Sungkar mengenang awal dirinya mulai merintis usaha bersama sang suami, Teuku Wisnu . Kala itu, mereka benar-benar memulai semuanya dari nol, dan mengalami kegagalan.

"Kita juga ngerasain jatuh bangunnya bisnis benar-benar enggak balik modal itu juga pernah, jadi benar-benar emang harus belajar," kata Shireen di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat, 10 Desember 2021.

Shireen dan Wisnu ketika itu belum paham mengenai kiat berbisnis. Mereka pun menghabiskan semua modal usaha dan hasil keuntungannya nihil.

Baca juga: Ini Kisah Perjuangan Anji untuk Bangkit dari Keterpurukan Masa Lalu

"Waktu awal bisnis, kita enggak ngerti apa-apa, terus modal yang kita punya dikeluarin semua, akhirnya enggak balik sama sekali," ungkapnya.

Tetapi dari kegagalan itu, Shireen dan Wisnu belajar. Mereka kembali mengumpulkan modal, dan berusaha membangun bisnis lagi, berusaha tak mengulangi kesalahan yang sama.

Hasilnya, selama 7 tahun terakhir, Shireen sukses memiliki bisnis kuliner, dan sekarang lebih berfokus ke fashion. Dia bersyukur bisnis yang dijalaninya serta milik sang suami terus berkembang.

"Suami saya juga masih belajar. Alhamdulillah sekarang bisnisnya," ujar ibu tiga anak itu.

Shireen pun memiliki kiat sukses berbisnis di era digital. Para ibu yang juga memiliki pekerjaan rumah tangga, harus menambah ilmu sesuai dengan zaman agar bisnis terus berkembang.

"Kita harus kreatif, kita harus melek, Karena jualan online dan offline berbeda, jadi dua-duanya harus kita kuasai, ikutin komunitas-kominitas yang punya wadah," saran dia.

Baca juga: Varian Omicron Mampu Hindari Sistem Imun Tubuh, Pakar Kesehatan: Meningkatkan Risiko Reinfeksi

"Gimana sih cara berbisnis, sosial media mana yang lagi trending, gimana followers-nya banyak," sambungnya.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1523 seconds (0.1#10.140)