Berbagi Kiat Sehat, Pergizi Pangan Siapkan Program Menarik Selama Ramadhan

Rabu, 22 April 2020 - 23:03 WIB
loading...
Berbagi Kiat Sehat, Pergizi Pangan Siapkan Program Menarik Selama Ramadhan
Acara bertema Cerita Mami Keren ini akan berlangsung sebanyak 40 episode di setiap pukul 12.50 hingga 13.50 WIB. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan Indonesia (Pergizi Pangan Indonesia) telah menyiapkan program menarik selama bulan Ramadhan nanti. Ditayangkan online lewat Zoom hingga 30 Mei mendatang, acara yang diberi tema Cerita Mami Keren ini akan berlangsung sebanyak 40 episode di setiap pukul 12.50 hingga 13.50 WIB.

Dalam menggelar acara tersebut, Pergizi Pangan menggandeng LiniSehat, Ikatan Sarjana Gizi Indonesia (ISAGI) dan Departemen Gizi Masyarakat FEMA IPB University (Gizi FEMA IPB). Menurut Ketua Umum Pergizi Pangan, Prof Dr Hardinsyah MS, Cerita Mami Keren merupakan singkatan dari Ceramah dan Diskusi Seputar Makanan Minuman Kesehatan Ramadan dan Lebaran.

Acara ini menyajikan informasi aktual berbasis bukti sains terkini kepada masyarakat bagaimana mengelola makanan, minuman dan gaya hidup dalam mempersiapkan puasa, saat dan setelah bulan puasa. Di samping itu, diangkat pula bagaimana cara meraih berbagai manfaat kesehatan puasa selain sebagai ibadah.

"Cerita Mami Keren menampilkan dan menjawab permasalahan keseharian kita dengan menarik dan keren, dengan narasumber profesor-profesor yang sudah berpengalaman dan ahli di bidangnya masing-masing," kata Prof Hardinsyah saat peluncuran Cerita Mami Keren melalui Zoom, Rabu (22/4).

"Para profesor ini akan didampingi moderator dan host dari kalangan milenial yang merupakan akademisi dan praktisi muda dari Departemen Gizi Masyarakat FEMA IPB, Pergizi Pangan Indonesia, ISAGI dan Linisehat," lanjut Prof Hardinsyah, yang juga Guru Besar Ilmu Gizi Fema IPB.

Setiap episodenya, acara akan dimulai dengan ceramah oleh Profesor sesuai dengan topiknya selama 15 menit, kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab dengan peserta dan moderator terkait topik yang telah disampaikan. Acara ini juga momen bagi profesor ilmu gizi dan profesor bidang ilmu terkait untuk berbagi ilmu secara populer kepada masyarakat tentang bidang yang dikuasainya.

Ketua Panitia, Firda Sabrina STP menambahkan bahwa seluruh topik dan jadwal acara dapat dipantau di www.liniseht.com/cmk, dan para peserta bisa mengikuti acara ini melalui ID 827 0637 0838 dan password 053020. "Peserta diperbolehkan masuk pada acara online ini pukul 12.50-12.05 WIB. Kami mohon maaf tidak melayani peserta yang telat masuk," Firda mengingatkan.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum ISAGI, Muhamad Nur Hasan Syah SGz MKes, mengatakan, topik menarik yang akan disajikan setiap episodenya adalah seputar makanan, minuman dan kesehatan yang diperlukan menjelang, saat dan setelah puasa sesuai perkembangan Iptek gizi terkini.

Sementara itu, Ketua Departemen Gizi Masyarakat, Prof Dr Ir Sri Anna Marliyati MSi, mengutarakan, oleh karena Ramadhan kali ini berada dalam pandemi Covid-19 dan bekerja dari rumah, sehingga salah satu cara yang bisa dilakukan adalah berbagi informasi gizi melalui online.

(Baca juga: Mudahkan Masyarakat, Pergizi Pangan Berikan Layanan Edukasi Online )

Sebelumnya, kurang lebih dua pekan lalu, Pergizi Pangan Indonesia meluncurkan Program Bhakti Pergizi Pangan bagi negeri berupa Layanan Edukasi dan Konsultasi Konsumsi Pangan Aman, Bergizi, Hidup Sehat Bugar atau yang disingkat Lekka Bergizi Bugar. Di sini, diperkenalkan juga tiga duta Pergizi Pangan, yakni Ikke Nurjanah sebagai Duta Gizi Seimbang, Dr Reisa Broto Asmoro (Duta Gizi Gaya Hidup Sehat), dan Teuku Zacky (Duta Gizi Cegah Stunting).

(Baca juga: Tiga Selebritas Ini Siap Jalankan Tugas sebagai Duta Gizi )
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8084 seconds (0.1#10.140)