Pentingnya Asupan Fitonutrisi untuk Tingkatkan Imunitas dan Cegah Tertular Omicron

Minggu, 19 Desember 2021 - 19:39 WIB
loading...
Pentingnya Asupan Fitonutrisi untuk Tingkatkan Imunitas dan Cegah Tertular Omicron
Fitonutrisi yang terdapat dalam buah dan sayur menjadi salah satu kandungan yang diperlukan guna memperkuat sekaligus melindungi diri dari serangan virus. Foto Ilustrasi/Getty Images
A A A
JAKARTA - Imunitas tubuh harus semakin ditingkatkan mengingat varian baru Covid-19, yaitu Omicron, telah menyebar ke sejumlah negara, termasuk Indonesia. Fitonutrisi menjadi salah satu kandungan yang diperlukan guna memperkuat sekaligus melindungi diri dari serangan virus.

Fitonutrisi merupakan bahan senyawa alami yang mengandung antioksidan yang dihasilkan oleh tumbuhan seperti buah dan sayur. Senyawa ini memiliki peranan besar dalam meningkatkan imunitas dan memperbaiki metabolisme tubuh sehingga memberikan kesehatan yang optimal.



Sayuran dan buah-buahan memiliki warna yang beraneka ragam sehingga menarik di mata. Setiap warna ini memiliki manfaat masing-masing sehingga memberikan kesehatan yang optimal.

Fitonutrisi dalam sayur dan buah hijau sangat bermanfaat dalam meningkatkan metabolisme dan energi, serta membantu menjaga kesehatan sel. Sementara fitonutrisi dari sayur dan buah merah dapat meningkatkan kesehatan jantung. Adapun fitonutrisi dari sayur dan buah berwarna putih sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang, otot, serta sendi.

Melansir laman Healthline, Minggu (19/12/2021), berbeda dengan karbohidrat, protein, atau vitamin, fitonutrisi bukanlah zat gizi esensial yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun, zat kimia ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit dan membantu tubuh bekerja secara maksimal.

Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), setiap orang membutuhkan lima porsi atau 400 gram sayur dan buah-buahan setiap hari. Menurut Global Phytonutrient Report, 60-87 persen pria dan wanita di seluruh dunia belum memenuhi minimum konsumsi lima porsi atau 400 gram buah dan sayur setiap hari sesuai rekomendasi WHO.

"Rata-rata orang dewasa harus meningkatkan asupan buah dan sayuran dua kali lipat untuk memenuhi rekomendasi WHO. Oleh karena itu, suplemen tambahan yang mengandung fitonutrisi menjadi sangat penting untuk memenuhi," kata Head of Marketing Communication Amway Indonesia Dharmaparayana Sthirabudhi dalam keterangan resminya.

Lebih lanjut dalam hal imunitas, fitonutrisi bermanfaat untuk membentuk dan melindungi sel imun. Namun selain fitonutrisi, pembentukan sel imun juga memerlukan bahan baku seperti protein, vitamin (seperti vit A, C, E), dan mineral (zinc, selenium).



Selain zat-zat gizi tersebut sangat disarankan juga untuk mengonsumsi menu gizi seimbang karena asupan makronutrisi seperti karbohidrat, protein, dan lemak tak jenuh diperlukan untuk pembentukan sel.

"Imunitas bisa ditingkatkan juga dengan olahraga teratur dan istirahat yang cukup, serta konsumsi suplemen kesehatan jika diperlukan," tambahnya.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1496 seconds (0.1#10.140)