5 Daftar Makanan Khas Natal dari Italia hingga Indonesia

Selasa, 21 Desember 2021 - 08:05 WIB
loading...
5 Daftar Makanan Khas Natal dari Italia hingga Indonesia
Kue khas natal. Foto/Highend
A A A
JAKARTA - Perayaan natal menjadi momen yang sangat ditungg-tunggu oleh banyak masyarakat Indonesia. Karena saat di mana berkumpul dan berbagi kehangatan natal bersama orang-orang tercinta.

Tradisi natal ini pun berbeda di berbagai daerah di dunia. Salah satu yang paling membedakan antara negara satu dengan yang lainnya adalah makanan yang dihidangkan.

Makan malam bersama keluarga pada Christmas Eve menjadi lengkap dengan kuliner lezat khas natal. Berikut ini lima makanan khas natal dari berbagai belahan dunia.



1. Feast of Seven Fishes - Italia

Merupakan tradisi Italia-Ameria yang dirayakan pada malam natal, feast of seven fishes merupakan tradisi puasa daging dan hanya makan ikan hingga hari natal tiba. Tradisi ini menyajikan 7 hidangan makanan laut yang berbeda. Tidak ada penjelasan umum mengapa harus 7 hidangan tetapi sering dikaitkan dengan 7 sakramen gereja Katolik.

2. Gingerbread

Gingerbread atau kue sari jahe adalah kue khas natal tertua di dunia yang diperkirakan telah ada bahkan 2.400 tahun sebelum masehi. Awalnya kue ini terbuat dari sari jahe, namun terjadi pergeseran makna setelah menyebar ke belahan dunia lain. Di Eropa misalnya, kue ini diartikan sebagai roti rempah. Hal ini juga mempengaruhi tekstur kue jahe, seperti di Jerman teksturnya keras sementara di Inggris teksturnya lembut.

3. Klapertart - Indonesia

Meski tidak secara pasti merupakan makanan khas natal, makanan khas Manado ini sering disajikan pada perayaan besar, termasuk ketika natal. Dikenal juga dengan pie kelapa, klapertart sebenarnya hasil campuran budaya Indonesia dan Belanda karena menggunakan rum dalam proses memasak.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1869 seconds (0.1#10.140)