Indonesia Health Tourism, Upaya Meningkatkan Kualitas Dokter dan Rumah Sakit

Selasa, 21 Desember 2021 - 14:06 WIB
loading...
Indonesia Health Tourism, Upaya Meningkatkan Kualitas Dokter dan Rumah Sakit
Indonesia Health Tourism tak hanya berfokus pada stimulus ekonomi pariwisata dan kesehatan, namun juga upaya meningkatkan kualitas dokter dan RS di Indonesia. / Foto: MPI/Mhammad Sukardi
A A A
JAKARTA - Indonesia Health Tourism yang diselenggarakan Aladin Travel dan Assosiasi Wisata Medis Indonesia tak hanya berfokus pada stimulus ekonomi sektor pariwisata dan kesehatan. Tetapi juga sebagai upaya meningkatkan kualitas dokter dan rumah sakit di seluruh Indonesia.

Kegiatan Indonesia Health Tourism (IHT) akan mendorong para dokter dan rumah sakit meningkatkan layanan medis mereka. Dengan begitu, kualitas layanan kesehatan Indonesia semakin baik ke depannya.

"Kami yakin, melalui IHT yang diselenggarakan tahun depan dapat mendorong dan meningkatkan kemampuan di bidang pelayanan kesehatan karena potensi Indonesia sangatlah besar di masa depan," terang Direktur PT Trimegah Wisata Medis Indonesia (TWI) Dr. dr. Taufik Jamaan, SpOG, dalam acara 'Care Your Heart, Love Your Family' di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (21/12/2021).

Baca juga: Kembali Geliatkan Sektor Pariwisata dan Kesehatan Melalui Indonesia Health Tourism

Oleh karenanya, kata dia, diharapkan sekali peran pemerintah dalam hal ini Kementerian Kesehatan dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk menyukseskan IHT ini.

Menurut dr. Taufik, Kementerian Kesehatan diharapkan mendorong organisasi atau asosiasi profesi untuk meningkatkan kemampuan di bidang pelayanan medis.

"Untuk Kemenparekraf, kami sangat berharap ikut mendorong dan membantu mengembangkan bidang wisata medis ini," imbuhnya.

Dengan melibatkan sektor pariwisata, maka peran pemerintah daerah juga diharapkan dapat terlibat di sini.

"Kami meminta dukungan juga pada pemerintah daerah untuk menyukseskan IHT ini supaya wisata medis Indonesia bisa menjadi tuan rumah di negaranya sendiri," papar Corporate Sales Director Aladin Travel, Joneka Kandou di acara yang sama.

Indonesia Health Tourism mengambil tema 'Think Globally, Act Locally' yang dimaknai dengan sektor wisata kesehatan akan memfokuskan pada peningkatan layanan medis di seluruh Indonesia demi memberikan pelayanan berkualitas ke pasien Indonesia, bukan luar negeri.

"Kami tidak akan menarik pasar Amerika Serikat, tapi bagaimana kami bisa memberikan pelayaban berkualitas untuk pasien-pasien di Indonesia," ujar dr. Taufik.

Baca juga: Coki & The Blur Ambience Hadirkan Kemasan Musik 1990-an di Debut Albumnya

"IHT adalah ruang bagi para dokter untuk dipromosikan secara masif kepada masyarakat, pun bagi rumah sakit dengan keunggulannya tersendiri untuk lebih dikenal publik," katanya lagi.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2322 seconds (0.1#10.140)