Tips Mengolah Daging Bebek Agar Tak Alot

Kamis, 23 April 2020 - 11:26 WIB
loading...
Tips Mengolah Daging Bebek Agar Tak Alot
Daging bebek memiliki tekstur yang padat dan lembut. Rasanya pun lezat. Tapi, jika Anda tidak bisa mengolahnya, daging akan terasa alot. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Daging bebek memiliki tekstur yang padat dan lembut. Dibandingkan daging ayam, daging bebek memiliki cita rasa yang kuat sehingga banyak yang memfavoritkan olahan bebek. Namun, tidak semua orang bisa memasak daging bebek.

Bagi sejumlah orang, mengolah daging bebek menjadi tantangan tersendiri karena tidak semudah yang dibayangkan. Pasalnya, jika salah mengolah, bisa membuat tekstur dari daging bebek menjadi keras. Hal ini tentu akan menyulitkan ketika mengkonsumsinya.

Nah, mengatasi hal ini, Anda perlu mengetahui tips mengolah daging bebek secara tepat agar menghasilkan tekstur yang empuk. Berikut trik mengolah daging bebek agar empuk seperti dikutip Endeustv.

1. Pilih Daging Bebek Segar
Untuk menghasilkan daging bebek yang empuk dan lembut, pastikan memilih daging bebek yang segar, tidak terlalu muda dan juga tidak terlalu tua. Untuk mengetahui daging bebek yang masih segar, bisa melihat dari warna kulitnya yang putih, tekstur kakinya yang masih lunak sehingga mudah untuk ditekuk serta bagian dadanya terlihat gemuk. Semua ciri tersebut menandakan bahwa daging bebek belum begitu keras, sehingga pada saat dimasak tidak menjadi keras.

2. Mencuci Bersih Daging Bebek
Sebelum dicuci, buang bulu bebek terlebih dahulu. Jika masih ada sisa bulu yang tertinggal, cara membersihkannya adalah dengan membakar sebentar menggunakan api kecil. Buang bagian pantat dan jeroan bebek karena disitu terdapat banyak kandungan lemak yang dapat menimbulkan bau amis ketika dimasak. Pada bagian permukaan kulitnya, biasa terdapat kulit ari yang berwarna kuning, itu juga harus dihilangkan dengan cara menggosok kulit dengan garam kasar.

Selanjutnya cuci daging bebek hingga bersih. Setelah itu, lumuri dengan menggunakan air perasan jeruk nipis agar bau amis hilang, dan rendam sekitar 1 jam untuk membuat tekstur dari dagingnya menjadi lunak, lalu bilas hingga bersih.

3. Rebus Daging Bebek
Untuk merebus daging bebek, perlu menyiapkan beberapa bahan seperti bawang merah, bawang putih, ketumbar, jahe, lengkuas dan kunyit yang kemudian dihaluskan. Tambahkan juga daun salam, daun jeruk dan sereh ke dalam bumbu yang dihaluskan. Semakin banyak bumbu, maka semakin kuat rasanya dan tidak menimbulkan bau amis.

Rebus daging bebek selama 3 – 5 jam di atas api kecil dan biarkan bumbu meresap sempurna ke dalam daging. Setelah dirasa empuk, daging bebek siap diolah menjadi masakan yang nikmat seperti kuliner khas Bali, Bebek Betutu.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1567 seconds (0.1#10.140)