5 Gejala Diabetes pada Kulit yang Patut Diwaspadai, Salah Satunya Bercak Cokelat

Jum'at, 24 Desember 2021 - 06:45 WIB
loading...
5 Gejala Diabetes pada Kulit yang Patut Diwaspadai, Salah Satunya Bercak Cokelat
Lima gejala pada kulit ini dapat mengindikasikan seseorang memiliki penyakit diabetes. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Lima gejala pada kulit ini dapat mengindikasikan seseorang memiliki penyakit diabetes. Jika dibiarkan tidak terkontrol, diabetes dapat menyebabkan komplikasi parah dan mempengaruhi berbagai organ tubuh.

Diabetes adalah kondisi kronis di mana sangat penting untuk menjaga kadar gula darah yang sehat. Diabetes membutuhkan manajemen kadar gula darah yang konstan. Kondisi kronis ini juga dapat mempengaruhi kulit Anda.



Menurut WHO, sekitar 422 juta orang di seluruh dunia menderita diabetes dan 1,6 juta kematian dikaitkan dengan diabetes setiap tahun. Kabar baiknya, pola makan dan gaya hidup sehat dapat membantu mengelola kondisi ini secara efektif.

Banyak yang tak menyadari tanda dan gejala diabetes. Anda mungkin tidak tahu, tetapi beberapa gejala ini terlihat pada kulit. Dilansir dari laman Ndtv pada Jumat (24/12/2021), berikut adalah beberapa tanda penting yang terlihat pada kulit yang tidak boleh Anda abaikan.

1. Kulit Kering dan Gatal

Sirkulasi darah yang buruk akibat diabetes dapat menyebabkan kulit kering. Jika Anda mengalami kulit kering terlalu sering, bicarakan dengan dokter Anda. Kulit kering terkait diabetes tidak dapat diobati di rumah dengan pelembab.

2. Timbul Bulu

Diabetes dapat menyebabkan bulu di tangan, kaki, dan bagian tubuh lain. Ini bisa berukuran agak besar atau Anda mungkin melihat sekelompok bulu. Tapi bulunya cukup langka. Ini muncul ketika kadar gula darah dibiarkan tidak terkendali dalam waktu lama.

3. Bercak Cokelat pada Kulit
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1452 seconds (0.1#10.140)