3 Bahaya Konsumsi Nasi Berlebih, Nomor Terakhir Berisiko Kena Penyakit Mematikan

Senin, 27 Desember 2021 - 08:27 WIB
loading...
3 Bahaya Konsumsi Nasi Berlebih, Nomor Terakhir Berisiko Kena Penyakit Mematikan
Bahaya konsumsi nasi berlebih jangan dianggap sepele. Selain bisa meningkatkan kadar gula darah hingga sebabkan diabetes, juga berisiko terkena penyakit jantung. Foto/Ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Bahaya konsumsi nasi berlebih jangan dianggap sepele. Selain bisa meningkatkan kadar gula darah hingga sebabkan diabetes , juga berisiko terkena penyakit jantung .

Memakan nasi sudah jadi bagian dari tradisi orang Indonesia. Bahkan, makan tanpa nasi dianggap belum makan oleh sebagian orang dan itu kenapa makan nasi tiga kali sehari sudah bukan hal aneh di Indonesia.

Tapi, Anda perlu tahu bahwa konsumsi nasi berlebihan itu tidak baik. Ya, pada dasarnya apapun yang berlebihan itu akan selalu menimbulkan masalah dan itu berlaku juga pada nasi.

Dijelaskan Layanan Penelitian Pertanian Departemen Pertanian Amerika Serikat, dalam 1 cangkir nasi terkandung 44,6 gram karbohidrat dan 4,25 gram protein. Jumlah ini juga tak jauh berbeda dengan beras merah yang dibilang lebih sehat karena kandungan serat yang lebih banyak.



"Faktanya, konsumsi terlalu banyak pangan tinggi karbohidrat termasuk berat dapat menyebabkan diabetes," kata Ahli Nutrisi Clyde Wilson, dikutip dari Health Digest, Senin (27/12/2021).

Ada beberapa masalah kesehatan yang bisa Anda hadapi jika makan nasi terlalu banyak. Meski, kita juga harus tahu bahwa di dalam nasi terkandung banyak sekali nutrisi mulai dari magnesium, selenium, fosfor, mangan, dan vitamin B.

Lalu, apa saja bahaya mengonsumsi nasi berlebih? Simak penjelasan berikut:

1. Masalah Pencernaan
Mengonsumsi nasi berlebihan dapat menyebabkan kembung, bersendawa, dan gangguan pencernaan pada beberapa orang. Masalah tersebut memicu peradangan karena kandungan karbohidrat pada nasi yang tinggi.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2441 seconds (0.1#10.140)