Cegah Ledakan Kasus Covid-19 Paska Libur Nataru, Masyarakat Diminta Lakukan Ini

Senin, 03 Januari 2022 - 16:51 WIB
loading...
Cegah Ledakan Kasus Covid-19 Paska Libur Nataru, Masyarakat Diminta Lakukan Ini
Kasus Covid-19 diperkirakan akan kembali meningkat paska libur Natal dan tahun baru (Nataru) 2022. Foto Ilustrasi/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kasus Covid-19 diperkirakan akan kembali meningkat paska libur Natal dan tahun baru (Nataru) 2022. Hal ini disebabkan oleh tingkat mobilitas masyarakat yang sangat tinggi pada saat liburan.

Selain itu, Indonesia juga tengah berada dalam ancaman varian Omicron. Saat ini sudah ada enam kasus transmisi lokal yang disebabkan oleh varian Omicron.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Bertambah 174, DKI Jakarta Terbanyak

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, salah satu hal penting yang bisa dilakukan masyarakat saat ini adalah menjalankan protokol kesehatan dengan baik. Beberapa di antaranya adalah dengan tertib menggunakan masker dan aplikasi PeduliLindungi secara disiplin.

“Jadi dengan aplikasi itu kita bisa tracing bilang ada seseorang yang terinfeksi Covid-19,” tutur Menkes Budi usai rapat terbatas mengenai Evaluasi PPKM di Kantor Presiden, Jakarta, pada Senin (3/1/2022).

Selain itu masyarakat juga diimbau untuk disiplin dalam menjalani masa karantina, terutama bagi mereka yang baru pulang dari perjalanan ke luar negeri. Sebab, dari 152 kasus Omicron yang dikonfirmasi masuk ke Indonesia, sebanyak 146 orang berasal dari pelaku perjalanan luar negeri.

Baca Juga: Kasus Covid-19 di Indonesia Bertambah 174

“Jadi sudah membuktikan negara kita itu aman. Tapi karena masyarakat datang dari luar negeri, ketularan, dan masuk. Kita harus lindungi 270 juta jiwa lain yang ada di dalamnya,” ujar Menkes.

(tsa)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2860 seconds (10.101#12.26)