Cara Membuat Gorengan Kolesterol Rendah, Ingat 4 Hal Ini Agar Tetap Aman Bagi Kesehatan

Senin, 03 Januari 2022 - 22:55 WIB
loading...
Cara Membuat Gorengan Kolesterol Rendah, Ingat 4 Hal Ini Agar Tetap Aman Bagi Kesehatan
Cara membuat gorengan kolesterol rendah perlu diperhatikan dari mulai proses memasak menggunakan minyak goreng. Sebab, sudah umum diketahui makanan yang diolah dengan minyak goreng memiliki dampak buruk bagi kesehatan. Foto/Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Cara membuat gorengan kolesterol rendah perlu diperhatikan dari mulai proses memasak menggunakan minyak goreng. Sebab, sudah umum diketahui makanan yang diolah dengan minyak goreng memiliki dampak buruk bagi kesehatan.

Bahkan, beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa makanan yang digoreng bisa berdampak pada gangguan kesehatan mulai dari obesitas, tekanan darah tinggi, dan kolesterol tinggi. Sehingga hal tersebut bisa menjalar ke penyakit yang lebih parah.

Satu studi pada 2017 mengungkapkan bahwa makan kentang goreng dapat meningkatkan risiko kematian. Ditemukan bahwa orang yang makan kentang goreng lebih dari dua kali seminggu memiliki risiko medis yang lebih tinggi yang dapat meningkatkan potensi kematian dini.

Penyebab utamanya adalah minyak yang tidak sehat yang digunakan untuk menggoreng kentang serta tingginya jumlah garam yang ditambahkan ke dalamnya. Meski demikian, dirangkum dari Health Site, Senin (3/1/2022) proses menggoreng dapat mengubah kualitas dan meningkatkan kandungan kalori dalam makanan.



Sebagian besar restoran cepat saji menggunakan minyak terhidrogenasi, yang tinggi lemak trans, untuk menggoreng makanan untuk meningkatkan rasanya. Tapi minyak ini tidak baik untuk kesehatan manusia. Lemak trans dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL), menurunkan kadar kolesterol baik (HDL), dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

Selain itu, restoran sering menggunakan kembali minyak bekas pakai yang membuatnya semakin buruk. Penggorengan berulang mengubah komposisi dan menyebabkan lebih banyak minyak yang diserap ke dalam makanan. Kondisi ini semakin meningkatkan kemungkinan seseorang mengalami kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi.

Meski demikian, masih ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan jika ingin menikmati makanan yang digoreng dengan lebih sehat. Diantaranya yaitu membuat sendiri makanan yang digoreng di rumah menggunakan minyak yang lebih sehat. Tetapi disarankan untuk membatasi asupan makanan yang digoreng karena makanan yang dimasak dengan panas sangat tinggi mengandung bahan kimia yang disebut akrilamida.

Bahan kimia ini telah ditunjukkan dalam penelitian pada hewan dan dapat menyebabkan kanker. Saat membuat makanan yang digoreng, pastikan untuk menggunakan minyak yang sebagian besar terdiri dari lemak jenuh dan tak jenuh tunggal. Minyak jenis itu lebih stabil pada panas tinggi. Minyak kelapa adalah salah satu minyak paling sehat untuk menggoreng.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5048 seconds (0.1#10.140)