Penyebab Tumor Otak yang Harus Diwaspadai

Kamis, 06 Januari 2022 - 16:59 WIB
loading...
Penyebab Tumor Otak yang Harus Diwaspadai
Penyebab tumor otak dapat berasal dari otak itu sendiri atau di jaringan yang dekat dengannya. Foto Ilustrasi/Nature
A A A
JAKARTA - Penyebab tumor otak dapat berasal dari otak itu sendiri atau di jaringan yang dekat dengannya. Ulasan berikut dapat memberi Anda gambarannya.

Tumor otak adalah kondisi di mana massa atau pertumbuhan sel abnormal terjadi pada otak seseorang. Tumor otak memiliki banyak jenis, beberapa bersifat non-kanker (jinak) dan beberapa tumor otak bersifat kanker (ganas).



Tumor otak dapat dimulai di otak (tumor otak primer), atau kanker dapat dimulai di bagian lain dari tubuh dan menyebar ke otak seseorang sebagai tumor otak sekunder (metastasis).

Merangkum laman Healthline, Kamis (6/1/2022), penyebab tumor otak primer berasal dari otak itu sendiri atau di jaringan yang dekat dengannya seperti selaput penutup otak (meninges), saraf kranial, kelenjar pituitari, atau kelenjar pineal.

Tumor otak primer dimulai ketika sel-sel normal mengembangkan perubahan (mutasi) dalam DNA. DNA sel berisi instruksi yang memberi tahu sel apa yang harus dilakukan. Mutasi memberi tahu sel-sel untuk tumbuh dan membelah dengan cepat agar terus hidup ketika sel-sel sehat mati.

Hasilnya adalah massa sel abnormal yang membentuk tumor. Pada orang dewasa, tumor otak primer jauh lebih jarang daripada tumor otak sekunder, di mana kanker dimulai di tempat lain dan menyebar ke otak.

Ada banyak jenis tumor otak primer yang berbeda. Masing-masing memiliki nama yang berbeda tergantung dengan kondisi yang mendasarinya. Beberapa di antaranya adalah:

1. Glioma

Tumor ini dimulai di otak atau sumsum tulang belakang dan termasuk astrositoma, ependymoma, glioblastoma, oligoastrocytomas, dan oligodendroglioma.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1684 seconds (0.1#10.140)