Picu Kolesterol Tinggi, Hindari Konsumsi 2 Jeroan Ini

Rabu, 12 Januari 2022 - 14:03 WIB
loading...
Picu Kolesterol Tinggi, Hindari Konsumsi 2 Jeroan Ini
Kolesterol tinggi bisa dipicu oleh konsumsi jeroan terlalu sering. Hati dan jantung merupakan jenis jeroan yang mengandung kolesterol cukup tinggi. Foto/The Ready State
A A A
JAKARTA - Kolesterol tinggi bisa dipicu oleh konsumsi jeroan terlalu sering. Hati dan jantung merupakan jenis jeroan yang mengandung kolesterol cukup tinggi, terlebih jika keduanya diolah dengan cara yang tidak tepat.

Padahal, jeroan salah satu yang paling sering diolah dan dikonsumsi oleh masyarakat. Mulai dari rendang otak, paru goreng, sate usus, usus goreng, sate hati, hingga lidah sapi panggang yang menggugah selera.

Namun di samping lezat, makanan tersebut mengandung kolesterol tinggi. Dilansir dari Web MD, Rabu (12/1/2022) jumlah kolesterol ini akan meningkat jika dimasak dengan cara digoreng menggunakan minyak panas.

Mengonsumsi jeroan yang mengandung kolesterol tinggi ini perlu diwaspadai. Terutama bagi Anda yang memiliki kadar kolesterol tinggi.


Sebab, kadar kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko terkena masalah kesehatan serius seperti serangan jantung atau stroke. Oleh karena itu, ]jeroan sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah sedang.

Kadar kolesterol yang kurang dari 200 mg/dL masih dapat dikatakan normal. Namun jika kadar kolesterol mencapai 200-239 mg/dL, itu sudah masuk pada ambang batas tinggi. Kemudian jika jumlahnya mencapai 240 mg/dL atau lebih, termasuk kolesterol tinggi.

Namun jika mengonsumsi jeroan dalam porsi sedang dan dimasak dengan cara yang sehat, maka ini dapat bermanfaat bagi kesehatan. Di antaranya meningkatkan energi, mengurangi risiko kanker dan penyakit jantung, serta memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Ini disebabkan oleh kandungan dalam jeroan seperti zat besi, vitamin B2, vitamin B12, dan folat, yang bermanfaat bagi kesehatan.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1846 seconds (0.1#10.140)